Strategi komunikasi pengurus musholla dalam memakmurkan musholla (studi pada musholla Baiturrohman Kramatsari Kelurahan Pasir Kraton Kramat)

Karimah, Noor (2024) Strategi komunikasi pengurus musholla dalam memakmurkan musholla (studi pada musholla Baiturrohman Kramatsari Kelurahan Pasir Kraton Kramat). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3417004_BAB I dan BAB V.pdf

Download (865kB)
[img] Text
3417004_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Musholla, tempat ibadah kecil bagi umat Islam, kini sudah tersebar dimanamana. Kehadirannya yang meluas mencerminkan perhatian yang semakin besar terhadap kebutuhan spiritual masyarakat, memastikan akses yang mudah untuk beribadah di tengah-tengah kesibukan mereka. Meskipun keberadaannya tersebar luas dan mudah dijangkau, tidak sedikit musholla yang sepi. Musholla di sekitar pemukiman juga seringkali hanya digunakan untuk sholat magrib, isya’, dan shubuh, sedangkan dhuhur dan ashar jarang orang sholat di musholla. Keadaan ini mengingatkan pentingnya menjaga dan memakmurkan musholla agar tetap hidup dan fungsional bagi umat Islam. Berdasarkan permasalahan yang telah disampaikan di atas, oleh karena itu, penelitian ini akan membahas beberapa pertanyaanya, bagaimana strategi komunikasi pengurus musholla dalam memakmurkan musholla Baiturrohman?, dan faktor-faktor apa yang menjadi pengahambat dan pendukung pengurus musholla?. Penelitian ini menggunakan menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang penulis digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif. Adapun hasil kesimpulan dari penelitian ini bahwa strategi komunikasi pengurus musholla dalam memakmurkan musholla Baiturrohman adalah mengidentifikasi kebutuhan jamaah’ah, mengadakan kegiatan rutin, meningkatkan komunikasi dan mengoptimalkan peran pengurus musholla Baiturrohman Kramatsari Kelurahan PasirKratonKramat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukoyimah, MukoyimahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Memakmurkan, dan Pengurus Musholla
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:51
Last Modified: 12 Sep 2024 04:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10426

Actions (login required)

View Item View Item