Pengaruh penguatan budaya madrasah dan kompetensi pedagogik guru terhadap sikap relegius peserta didik di Mi Islamiyah Pretek Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang

Sholikhin, Sholikhin (2024) Pengaruh penguatan budaya madrasah dan kompetensi pedagogik guru terhadap sikap relegius peserta didik di Mi Islamiyah Pretek Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Penguatan Budaya Madrasah Dan Kompetensi Pedagogis Guru Terhadap Sikap Relegius Peserta Didik Di MI Islamiyah Pretek Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang” berpusat pada permasalahan sosio-kultur generasi milenial. Generasi milenial saat ini dengan segala kemudahan teknologi yang tersedia tidak dibarengi dengan moralitas religius yang mumpuni untuk menyikapi fenomena yang berakar dari dampak negatif dari perkembangan yang ada. Proposal ini memiliki hipotesis bahwa permasalahan moral tersebut dapat diselesaikan dengan penguatan budaya madrasah di sekolah. Rumusan Masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pengaruh budaya madrasah terhadap sikap religius peserta didik di MI Islamiyah Pretek? 2. Bagaimana pengaruh kompetensi pedagogis guru terhadap sikap religius peserta didik di MI Islamiyah Pretek? 3.Bagaimana pengaruh budaya madrasah dan kompetensi pedagogis guru terhadap sikap religius peserta didik di MI Islamiyah Pretek? Tujuan penelitian: 1. Menganalisis pengaruh budaya madrasah terhadap sikap religius peserta didik di MI Islamiyah Pretek. 2. Menganalisis pengaruh kompetensi pedagogis guru terhadap sikap religius peserta didik di MI Islamiyah Pretek. 3. Menganalisis pengaruh budaya madrasah dan kompetensi pedagogis guru terhadap sikap religius peserta didik di MI Islamiyah Pretek. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dalam hal ini penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Permasalahan yang akan diteliti adalah pengaruh dari Budaya Sekolah dan Kompetensi Pedagogis Guru terhadap Sikap Religius Siswa. Hasil penelitian: 1) Variabel X1 0,013<0,05 maka berkesimpulan Variabel X1 berpengaruh secara signifikan terhadap Variabel Y. Maka dapat dikatakan bahwa hipotesis pertama (Ha) diterima, yang berarti bahwa variabel Budaya Madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Religius Siswa. 2) Nilai sig. Variabel X2 0,003<0,05 maka berkesimpulan Variabel X2 berpengaruh secara signifikan terhadap Variabel Y. Maka dapat dikatakan bahwa hipotesis ketiga (Ha) diterima, yang berarti bahwa variabel Kompetensi Pedagogis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Religius Siswa.3) Nilai Sig. 0,000 (<0,05) maka berkesimpulan bahwa Variabel Independen (Variabel X1 dan X2) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Variabel Dependen (Variabel Y). Maka dapat dikatakan bahwa hipotesis kelima (Ha) diterima yang berarti bahwa variabel Budaya Madrasah dan Kompetensi Pedagogis Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Religius Siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, Zaenal197105261999031002UNSPECIFIED
Thesis advisorSopiah, Sopiah197107072000032001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Budaya Madrasah, Kompetensi Pedagogik Guru, Sikap Relegius Peserta Didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:42
Last Modified: 09 Aug 2024 03:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10427

Actions (login required)

View Item View Item