Nilai-Nilai Bimbingan Qur’ani Dalam Pembentukan Karakter Anak Menurut Surat Luqman Ayat 13-19

Rosyidah, Rifqotur (2024) Nilai-Nilai Bimbingan Qur’ani Dalam Pembentukan Karakter Anak Menurut Surat Luqman Ayat 13-19. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517048-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3517048-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3517048-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rifqotur Rosyidah. 2021. “Nilai-Nilai Bimbingan Qur'ani dalam Pembentukan Karakter Anak Menurut Surat Luqman Ayat 13-19”. Skripsi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Pekalongan. Pada kehidupan milenial, manusia tidak terlepas dari ilmu pengetahuan serta kemajuan teknologi. Semakin majunya keilmuan dan teknologi memiliki pengaruh positif dan negatif yang sangat besar pada kehidupan masyarakat. Pengaruh positifnya adalah meningkatkan kesejahteraan hidup yang lebih maju, sedangkan pengaruh negatifnya adalah banyak sisi yang dikesampingkan seperti kurangnya pendidikan karakter dan moral yang seharusnya diberikan sejak usia anak-anak, agar membentuk karakter yang baik. Al-Qur'an dijadikan rujukan pertama ketika memecahkan masalah apalagi masalah yang menyangkut agama Islam. Di dalam Al-Qur'an banyak sekali ayat yang menjelaskan tentang pendidikan karakter. Banyak kisah orang-orang terdahulu yang dapat kita teladani dan diterapkan di dalam kehidupan kita sekarang ini, salah satunya adalah kisah Lukman yang mendidik dan membentuk karakter anaknya yang tercantum dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana nilai-nilai bimbingan qur'ani yang terdapat dalam AlQur'an Surat Luqman ayat 13-19 untuk membentuk karakter anak? (2) Bagaimana karakter anak menurut Al-Qur’an Surat Luqman ayat 13-19? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik studi literatur. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data primer bersumber dari Al-Qur'an dan buku tafsir Al-Qur'an sedangkan sumber data sekunder diambil dari literatur yang tersedia berupa buku, skripsi dan jurnal yang membahas tentang bimbingan qur'ani dan pembentukan karakter anak. Hasil penelitian ini adalah pertama, ada tiga nilai bimbingan qur'ani dalam pembentukan karakter anak yang terdapat dalam qur'an surat Luqman ayat 13-19. Tiga nilai bimbingan qur'ani tersebut adalah nilai bimbingan aqidah (keyakinan), nilai bimbingan syariat, dan nilai bimbingan akhlak. Kedua, Ada beberapa karakter yang baik sesuai dengan Qur'an surat Luqman ayat 13-19 yaitu menghormati, disiplin, mandiri, dan tanggung jawab. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pembentukan karakter anak sangat perlu dilakukan sejak dini, karena usia anak-anak merupakan masa pendidikan atau penanaman nilai-nilai karakter seseorang sebagai bekal dan pedoman di masa dewasanya. Dalam proses pembentukan karakter anak dibutuhkan bimbingan dari orang tua serta orangorang yang ada di sekitarnya sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMakmum, MakmumUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Qur'ani, Pembentukan Karakter
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:25
Last Modified: 16 Aug 2024 06:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10446

Actions (login required)

View Item View Item