Pengaruh Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (Rebt) Berbasis Muhasabah Terhadap Peningkatan Self Esteem Pada Siswi Kelas Xii Ma Rifa’iyah Kedungwuni

Azizah, Nur (2021) Pengaruh Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (Rebt) Berbasis Muhasabah Terhadap Peningkatan Self Esteem Pada Siswi Kelas Xii Ma Rifa’iyah Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517050-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3517050-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3517050-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Azizah, Nur. 2021. Pengaruh Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) Berbasis Muhasabah Terhadap Peningkatan Self Esteem Pada Siswi Kelas XII MA Rifa’iyah Kedungwuni. Dosen Pembimbing: H. Arif Chasanul Muna, Lc. M.A. Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap manusia, Allah SWT memberikan kelebihan kepada hamba-NYA berupa akal dan potensi yang harus dikembangkan oleh setiap individu itu sendiri. Akan tetapi jika potensi tersebut tidak dikembangkan secara maksimal maka akan berkurang makna kehidupan bagi manusia, di sinilah peran pendidikan bagi manusia sebagai media mengembangkan potensi yang dimiliki. Pendidikan karakter menjadi salah satu yang terpenting bagi orang tua dalam mendidik anak. Ketika orang tua bersikap positif dan mulai menanamkan pendidikan karakter kepada anak sejak dini, maka hal ini akan berdampak positif pula bagi perkembangan serta perilaku anak. Anak akan tumbuh dengan sikap dan perilaku positif, penuh semangat, optimis, percaya diri, bertanggung jawab sehingga mudah untuk bergaul dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang dihadapi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis muhasabah terhadap peningkatan self esteem pada siswi kelas XII MA Rifa’iyah Kedungwuni? adakah peningkatan self esteem pada siswi kelas XII MA Rifa’iyah Kedungwuni?sejauh mana tingkat pengaruh konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis muhasabah terhadap peningkatan self esteem pada siswi kelas XII MA Rifa’iyah Kedungwuni? Tujuannya yaitu untuk mengetahui pengaruh konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis muhasabah terhadap peningkatan self esteem pada siswi kelas XII MA Rifa’iyah Kedungwuni. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen One- Group Pretest-Postest. Pengumpulan data dengan penyebaran angket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitiannya yaitu terdapat pengaruh konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis muhasabah terhadap peningkatan self esteem pada siswi kelas XII MA Rifa’iyah Kedungwuni. Peneliti melakukan penelitian berupa data angket yang disebarkan oleh peneliti yang berupa hasil angket data variabel Y yaitu self esteem yang berjumlah 36 butir pernyataan. Peneliti melakukan penyebaran angket sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dan mendapatkan data serta hasil bahwa siswi sebelum diberikan treatment (pre test) hasilnya adalah 497 dan mengalami kenaikan setelah diberikannya teratment (post test) menjadi 565 dengan responden. Peneliti kemudian melakukan pengujian data menggunakan SPPS 25.0 dengan uji Wilcoxom antara dua kelompok tersebut dan diperoleh hasil nilai p value lebih kecil dari pada nilai signifikasi, yaitu 0.042 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Peningkatan self esteem dapat dilihat pada nilai hasil post test lebih tinggi dibandingkan nilai pre test. Ketika nilai responden semakin tinggi maka semakin tinggi pula self esteem pada siswi, sebaliknya semakin rendah nilai responden maka semakin rendah pula self esteem pada siswi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuna, Arif ChasanulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (Rebt),Muhasabah, Peningkatan Self Esteem
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:55
Last Modified: 16 Aug 2024 06:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10447

Actions (login required)

View Item View Item