Pelaksanaan Bimbingan Agama Dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Anak Di Sanggar Genius Sapugarut Kabupaten Pekalongan

Afifah, Nur (2022) Pelaksanaan Bimbingan Agama Dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Anak Di Sanggar Genius Sapugarut Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517079-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3517079-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3517079-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Afifah, Nur. 2022. Pelaksanaan Bimbingan Agama Dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Anak di Sanggar Genius Sapugarut Kota Pekalongan. Skripsi Fakultas Ushuliddin, Adan dan Dakwah Jurusan S1 Bimbingan Penyuluhan Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Ambar Hermawan, M. S. I. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi, bagaimana pelaksanaan bimbingan agama dalam membentuk kedisiplinan belajar anak di sanggar genius Sapugarut Kabupaten Pekalongan. Kedisiplinan di Sanggar Genius ini masih belum bisa diterapkan pada anak, hal ini terlihat pada observasi awal yang dilakukan oleh penulis, masih banyak anak yang datang terlambat, tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran, tidak mengerjakan soal yang telah diberikan, serta tidak membawa peralatan belajar dan sholat. Sehingga para pembimbing dan pengajar Sanggar Genius memberikan bimbingan agama kepada anak untuk membentuk kedisiplinan mereka. Rumusan masalah pada skripsi ini: 1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan agama di Sanggar Genius Sapugarut Kabupaten Pekalongan. 2) Bagaimana bimbingan agama dapat membentuk kedisiplinan belajar anak di Sanggar Genius Sapugarut Kabupaten Pekalongan?.Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan agama di Sanggar Genius Sapugarut Kabupaten Pekalongan. 2) untuk mengidentifikasi bagaimana bimbingan agama dapat membentuk kedisiplinan belajar anak di Sanggar Genius Sapugarut Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan jenos penelitian lapangan ( field research ). Sumber data primer diambil dari responden yakni pembimbing dan pengajar , koordinator, serta anak binaan, data sekunder diambil dari hasil pustaka berupa buku, penelitian, serta data yang berhubungan dengan judul penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tahapan:Reduksi data,menyajikan data, penarikan kesimpulan yakni menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: bimbingan agama yang dilaksanakan di Sanggar Genius melalui tahapan-tahapan yaitu: Pertama, tahap persiapan, bahwa pada awal untuk melakukan kegiatan pembelajaran anak binaan Sanggar Genius diperintahkan untuk membaca doa bersama-sama dan masuk ruangan secara tertib. Kedua, tahap pelaksanaan, bahwa setiap pelaksaan yang dilakukan di sanggar berupa pelaksanaan kegiatan keagamaan seperti sholat dan dzikir secara berjama’ah, membaca tulis Al-Qur’an, memberikan nasehat dengan cara yang baik, memberikan cerama keagamaan, serta melalui pendekatan yang ada dialam bimbingan agama yaitu pendekatan clinet centered. Ketiga, tahap evaluasi, pembimbing dan pengajar sanggar memberikan penilaian kepada anak mengenai perubahan yang terlihat dari beberapa bulan terakhir setelah pemberian kegiatan bimbingan agama

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHermawan, AmbarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bimbingan agama dan disiplin belajar
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 16 Aug 2024 08:00
Last Modified: 16 Aug 2024 08:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10455

Actions (login required)

View Item View Item