Peran Penyuluh Agama Dalam Membantu Penyesuaian Diri Anak Panti Asuhan Arrobitoh Kota Pekalongan

Damayanti, Dwi Asti (2021) Peran Penyuluh Agama Dalam Membantu Penyesuaian Diri Anak Panti Asuhan Arrobitoh Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517087-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3517087-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3517087-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dwi Asti Damayanti. 3517087. Peran Penyuluh Agama dalam Membantu Penyesuaian Diri Anak Panti Asuhan Arrobitoh Kota Pekalongan. Skripsi, Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Pembimbing Izza Himawanti M.Si. Penyesuaian diri merupakan tindakan yang dilakukan anak asuh untuk menyesuaikan dirinya, atas tuntutan dari dalam dirinya maupun tuntutan yang diterima dari lingkungannya. Tugas seorang Penyuluh Agama Islam yaitu memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada anak asuh agar mampu mengatasi permasalahan yang terjadi pada dirinya. Dengan adanya peran penyuluh agama diharapkan agar anak asuh dapat menyesuaikan dirinya dengan baik di lingkungan panti asuhan maupun di lingkungan masyarakat sekitarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama adalah bagaimana penyesuaian diri pada anak di Panti Asuhan Arrobitoh, yang kedua bagaimana peran penyuluh agama dalam membantu penyesuaian diri pada anak di Panti Asuhan Arrobitoh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyesuaian diri pada anak asuh di Panti Asuhan Arrobitoh dan untuk mengetahui peran penyuluh agama dalam membantu penyesuaian diri anak di Panti Asuhan Arrobitoh. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Bentuk analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum mengikuti penyuluhan penyesuaian diri pada anak asuh belum baik namun setelah mengikuti beberapa kali kegiatan penyuluhan kondisi penyesuaian diri anak asuh sudah baik, dapat dilihat dari aspek pada penyesuaian diri yaitu anak memiliki kemampuan dalam mengurangi rasa frustasi, anak mampu berkonsultasi kepada penyuluh terkait permasalahan, mampu untuk belajar dari proses penyuluhan, anak asuh belajar mandiri dalam menyelesaikan masalah, mampu memanfaatkan pengalaman masa lalunya yaitu dengan belajar pada kesalahan dan kegagalan di masa lalunya, serta memiliki sikap yang realistis dan objektif yaitu anak asuh tidak memaksakan keadaan dirinya dan yakin pada kemampuannya. Hasil penelitian terkait peran penyuluh agama dalam membantu penyesuaian diri juga sudah baik, dilihat dari indikator peran penyuluh yaitu penyuluh sebagai konselor, perannya membantu memecahkan permasalahan anak asuh. Penyuluh sebagai motivator, yaitu berperan dalam memberikan semangat dan dorongan kepada anak asuh. Penyuluh sebagai fasilitator yaitu menyediakan fasilitas dalam menyelesaikan masalah. Penyuluh sebagai edukator merupakan sumber pengetahuan bagi anak dalam memberikan ilmu pengetahuan terkait ajaran agama, penyesuaian diri, maupun kehidupan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHimawanti, IzzaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Penyuluh Agama, Penyesuaian Diri, dan Anak Asuh.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 16 Aug 2024 09:15
Last Modified: 16 Aug 2024 09:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10462

Actions (login required)

View Item View Item