Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan Guna Membina Kedisiplinan Anak Sholat 5 Waktu Di Panti Asuhan Arrobitoh Pekalongan

Anelia, Lu’lu’ Ilmaknun (2021) Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan Guna Membina Kedisiplinan Anak Sholat 5 Waktu Di Panti Asuhan Arrobitoh Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517110-Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3517110-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3517110-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Lu’lu’ Ilmaknun Anelia 2021. Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan Guna Membina Kedisiplinan Anak Sholat 5 Waktu Di Panti Asuhan Arrobitoh Pekalongan, Skripsi, Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Pembimbing, Drs. H. Ahmad Zaeni, M.Ag Skripsi ini berjudul Bimbingan Keagamaan Guna Membina Kedisiplinan Anak Sholat 5 Waktu Di Panti Asuhan Arrobitoh Pekalongan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kedisiplinan anak dalam melaksanakan sholat dip anti asuhan Arrobitoh Pekalongan dan bagaimana pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam membimbing kedisiplinan anak dalam melaksanakan sholat. Tujuan diadakannya bimbingan keagamaan adalah untuk mengarahkan dan menjadikan anak agar ikhlas dan konsisten atau disiplin dalam melaksanakan sholat. Penelilitian ini adalah penelitian lapangan ( Field Research). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara sebagai metode utama, sedangkan metode tambahanya adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian lapangan menunjukan bahwa proses bimbingan keagamaan yang dilakukan oleh pembimbing kegamaan kepada anak adalah dengan menggunakan metode Punihsment atau hukuman yang lebih efektif, seperti contohnya apabila anak asuh yang melanggar peraturan tidak melaksanakan sholat subuh berjama’ah nantinya, anak asuh akan dikenakan sanksi kerja, menulis sholawat sebanyak 100 kali dan uang saku dipotong oleh pengasuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bimbingan Keagamaan, Kedisplinan Anak Sholat.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 16 Aug 2024 09:38
Last Modified: 16 Aug 2024 09:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10467

Actions (login required)

View Item View Item