Implementasi Bimbingan Individual Berbasis Islam Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi Di Smk Pgri 3 Randudongkal

Kusumoningrum, Roro Dwi (2021) Implementasi Bimbingan Individual Berbasis Islam Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi Di Smk Pgri 3 Randudongkal. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517111-Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3517111-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
3517111-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kusumoningrum, Roro Dwi. 2021. Implementasi Bimbingan Individual Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI di SMK PGRI 3 Randudongkal. Skripsi Fakultas/Jurusan:Ushuluddin, Adab dan Dakwah/S1 Bimbingan Penyuluhan Islam Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Khaerunnisa Tri Darmaningrum, M.Pd Latar belakang masalah, Kemandirian belajar merupakan hal yang sangat penting bagi siswa. Pasalnya kemandirian belajar akan terbentuk jika siswa memiliki dorongan untuk melaksanakan tugasnya sebagai siswa sekolah. Kemandirian belajar yang tidak dimiliki oleh siswa karena pada keadaan belajarnya siswa belum percaya diri, belum mampu bekerja sendiri, belum menguasai keahlian dan keterampilan yang dimilikinya, belum bisa menghargai waktu serta belum bisa bertanggung jawab. Adanya bimbingan individual ini membantu siswa untuk mengetahui permasalahan yang ada sehingga mendapatkatkan solusi dari permasalahan yang terjadi. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI di SMK PGRI 3 Randudongkal? 2) Bagaimana Implementasi Bimbingan Individual Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI di SMK PGRI 3 Randudongkal?. Sedangkan tujuan penelitan ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar siswa kelas XI di SMK PGRI 3 Randudongkal. 2) Untuk mengetahui bagaimana implementasi bimbingan individual untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa kelas XI di SMK PGRI 3 Randudongkal. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman (model interaktif) antara lain: Reduksi data, Penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diberi layanan bimbingan individual keadaan belajar siswa belum mandiri dalam belajarnya. Namun setetelah diberi layanan bimbingan individu siswa dapat menumbuhkan kemandirian belajarnya. implementasi bimbingan individual yang dilakukan oleh guru bimbingan sesuai dengan tahap-tahap bimbingan individual, diantaranya tahap awal, tahap inti (kerja), dan tahap akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDarmaningrum, Khaerunnisa TriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Individual, Kemandirian, Belajar.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 16 Aug 2024 09:42
Last Modified: 16 Aug 2024 09:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10468

Actions (login required)

View Item View Item