Bimbingan Kelompok Berbasis Islami untukMengembangkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Cahaya Qur’an Batang

Sukmawati, Adhinda (2022) Bimbingan Kelompok Berbasis Islami untukMengembangkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Cahaya Qur’an Batang. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
3517010-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3517010-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3517010-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu proses mengulang-ulang bacaan AlQur’an baik dengan cara membaca maupun dengan cara mendengar, sehingga bacaan tersebut dapat melekat pada ingatan dan dapat diucapkan atau diulang kembali tanpa melihat mushaf Al-Qur’an.Dalam pelaksanaanya bimbingan kelompok berbasis islami memiliki peran aktif untuk memberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan, serta memberian layanan-layanan yang sesuai dengan perannya dan juga memberikan kebijakan-kebijakan lain yang kaitannya dengan hafalan Al-Qur’an kelas Rabi’ di Rumah Tahfidz Cahaya Qur’an Batang. Rumusan masalahnya adalah bagaimana kemampuan hafalan Al-Qur’an kelas Rabi’ yang diberikan di Rumah Tahfidz Cahaya Qur’an Batang?, bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis islami untuk mengembangkan kemampuan hafalan Al-Qur’an?, apakah faktor pendukung dan penghambat bimbingan kelompok berbasis islami untuk mengembangkan kemampuan hafalan Al-Qur’an. Tujuan yang akan dicapai antara lain untuk mengetahui kemampuan hafalan Al-Qur’an kelas Rabi’ di Rumah Tahfidz Cahaya Qur’an Batang,untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islami untukmengembangkan kemampuan hafalan Al-Qur’an,serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan hafalan Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dilakukan pada tanggal 11 September sampai dengan 9 November 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti konsep yang diberikan Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan hafalan Al-Qur’an meliputi kelancaran dalam menghafal Al-Qur’an dan kesesuaian dengan kaidah tajwid. Dalam kelancaran dan menghafal kemampuan setiap santri berbeda beda. Bimbingan kelompok berbasis Islami memberi kemudahan serta pemahaman kepada santri dalam mengembangkan kemampuan hafalan Al-Qur’an. Dalam pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islami ada faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi faktor internal diantaranya yaitu motivasi santri, kecerdasan, usia dan psikologis, untuk faktor eksternal meliputi tersedianya guru tahfidz, lingkungan sosial dan pembagian waktu serta pembatasan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat meliputi kurangnya minat dan bakat anak, kurang motivasi diri dan cara guru dalam memberikan bimbingan dan kurangnya konsentrasi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKanafi, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok Berbasis Islami, Hafalan Al-Qur’an.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:49
Last Modified: 19 Aug 2024 02:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10475

Actions (login required)

View Item View Item