Peran Penyuluh Agama Islam dalam Pencegahan nPenyebaran Paham Radikalisme Agama di Desa Mayangan Kecamatan Wiradesa

Fauzan, M. Dani (2022) Peran Penyuluh Agama Islam dalam Pencegahan nPenyebaran Paham Radikalisme Agama di Desa Mayangan Kecamatan Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
3517015-Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3517015-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3517015-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Penyuluh agama, dalam kaitan kehidupan sosial memiliki peran yang cukup penting, salah satunya sebagai pengayom dan pembimbing masyarakat agar mereka mampu menjalani kehidupan mereka sebaik mungkin. Dengan rasa tanggung jawab yang tinggi mereka menggiring masyarakat kea rah kehidupan yang aman dan sejahtera. Sesuai dengan keputusan Menteri Negara Koordinator Pengawasan Pembangunan dan Pendayagunaan Aparatur negara Nomor : 54/KEP/MK.WASPAN/9/1999, mengenai jabatan fungsional Penyuluh Agama dan angka kreditnya, bahwa dalam kegiatan tugas Penyuluhan Agama Islam, telah melekat tiga fungsi, yaitu fungsi informative dan edukatif, fungsi konsultatif, dan fungsi advokatif. Skripsi ini berjudul “Peran Penyuluh Agama Islam dalam Pencegahan Penyebaran Paham Radikalisme di Desa Mayangan Kecamatan Wiradesa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penyuluh agama Islam dalam menerapkan peran dan tugasnya yang berkaitan dengan pencegahan penyebaran paham-paham radikalisme di wilayah mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi serta menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) sebagai pendukung dalam melakukan penelitian. Untuk objek pada penelitian ini yaitu masyarakat, penyuluh agama islam di Wilayah KUA Kecamatan Wiradesa. Sedangkan untuk subjek penelitiannya yakni Peran Penyuluh Agama yang kaitannya dengan pencegahan penyebaran paham radikalisme. Analisis data yang yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan teknik dekripsi kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa peran penyuluh agama islam di KUA kecamatan wiradesa telah dilaksanakan dengan cukup baik, walaupun masih ada kendala yang dihadapi, dan faktor-faktor penghambat yang ditemukan dilapangan. Ditemukannya indikasi penyebaran paham radikalisme di desa mayangan yang membuat khawatir masyarakat sekitar, dan pihak KUA kecamatan Wiradesa bergerak cepat melakukan perannya guna mencegah penyebaran paham radikalisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayatullah, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Penyuluh agama, Paham Radikalismee
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:03
Last Modified: 19 Aug 2024 03:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10476

Actions (login required)

View Item View Item