Nilai-nilai Konseling Islam untuk Menanamkan Etika Murid terhadap Guru dalam Kitab Ta’limul Muta’allim

M, Miftahuddin (2022) Nilai-nilai Konseling Islam untuk Menanamkan Etika Murid terhadap Guru dalam Kitab Ta’limul Muta’allim. Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2041116075-Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2041116075-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
2041116075-Lampiran.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa manfaat positif bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain itu, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga memiliki dampak negatif yang dapat mengancam manusia itu sendiri. Ada banyak fenomena yang sering dijumpai berkenaan dengan etika murid yang jauh dari cerminan takwa kepada Allah SWT. Salah satu kitab yang berkaitan dengan etika adalah kitab Ta’lim Muta’allim karya Syeikh Az-Zarnuji. Untuk menanamkan etika murid terhadap guru, maka perlu diketahui nilai-nilai konseling Islam yang terdapat dalam kitab Ta’lim Muta’allim. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Nilai-Nilai Konseling Islam untuk Menanamkan Etika Murid terhadap Guru dalam Kitab Ta’lim Muta’allim”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana etika murid terhadap guru dalam kitab Ta’lim Muta’allim?; dan (2) Apa saja nilai-nilai konseling Islam untuk menanamkan etika murid terhadap guru dalam kitab Ta’lim Muta’allim?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai konseling Islam untuk menanamkan etika murid terhadap guru dalam kitab Ta’lim Muta’allim. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data metode pemecahan yang mengaplikasikan metode pemecahan ilmiah yang bersumber pada dokumendokumen penyidikan mengenai masalah sekarang. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai konseling Islam dalam kitab Ta’lim Muta’allim karya Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji, meliputi (1) Nilai konseling yang berhubungan dengan Allah yakni manusia sebagai khalifah Allah harus memiliki ilmu yang banyak. (2) Nilai konseling yang berhubungan dengan diri sendiri meliputi sikap percaya diri, evaluasi internal dan kesadaran yang meningkat untuk tumbuh secara berlanjut. (3) Nilai konseling yang berhubungan dengan sesama manusia, khususnya kepada guru meliputi memiliki pikiran yang positif, menjalin hubungan dengan orang lain dengan cinta kasih dan kekeluargaan, menghargai orang lain khususnya guru dan bersikap sopan santun kepada guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKanafi, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : konseling Islam, etika murid terhadap guru.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:52
Last Modified: 21 Aug 2025 04:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10481

Actions (login required)

View Item View Item