Peran Konselor dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) (Studi Kasus di Forum Komunikasi Peduli Batang)

Khafidz, Muhammad (2023) Peran Konselor dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) (Studi Kasus di Forum Komunikasi Peduli Batang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2041116102-Bab1&5.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2041116102-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ODHA adalah sekelompok orang yang positif mengidap HIV/AIDS melalui tes HIV/AIDS yang mana perlu adanya pendampingan khusus agar terhindar dari masalah itu sendiri. Penyandang HIV/AIDS (ODHA) selain merasakan penderitaan secara fisik, mereka juga menderita secara sosial maupun psikisnya. permasalahan terbesar yang dialami oleh ODHA yaitu mengenai rasa percaya diri. Sehingga diperlukan adanya pendampingan oleh seorang konselor agar dapat mengatasi masalah yang sedang dihadapinya. Konselor tidak hanya melakukan tindakan dalam proses konseling namun juga mendampingi penderita HIV/AIDS dalam pemeriksaan, pengobatan, dan pelayanan sosial yang lainya, khususnya untuk meningkatkan rasa percaya diri pada diri ODHA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kepercayaan diri orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Forum Komunikasi Peduli Batang (FKPB) Kabupaten Batang?; dan (2) Bagaimana peran konselor dalam menumbuhkan kepercayaan diri orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Forum Komunikasi Peduli Batang (FKPB) Kabupaten Batang?. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui peran konselor dalam menumbuhkan kepercayaan diri orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Forum Komunikasi Peduli Batang(FKPB) Kabupaten Batang. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaksi yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Forum Komunikasi Peduli Batang (FKPB) Kabupaten Batang sebelum konseling yaitu mereka menjadi orang yang pendiam atau menutup diri. Peran konselor dalam menumbuhkan kepercayaan diri orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Forum Komunikasi Peduli Batang (FKPB) Kabupaten Batang adalah konselor sangat menerima dan memahami keadaan ODHA. Konselor juga memberikan waktu dan tempat kepada ODHA untuk memahami dirinya sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: peran konselor, kepercayaan diri, ODHA.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 150.7 Education of Psychology/Pendidikan Psikologi
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:32
Last Modified: 19 Aug 2024 07:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10490

Actions (login required)

View Item View Item