Pembinaan Karakter Jeja Usia 6 Hingga 12 Tahun Persepktif Bimbingan Konseling Islam di Dojang Kota Pekalongan

Handoko, Agus (2023) Pembinaan Karakter Jeja Usia 6 Hingga 12 Tahun Persepktif Bimbingan Konseling Islam di Dojang Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2041116089-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2041116089-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya anak yang k urang pembinaan karkater yang baik sehingga sehingga anak tumbuh acuh terhadap lingkungan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan konflik, diantaranya yaitu kurang kedekatan dan kepercayaan jeja terhadap orang yang lebih tua karena anak lebih nyaman dengan usia sebayanya . Bagaimana karakter jeja usia 6 hingga 12 tahun dan bagaiamana proses pembinaan karakter jeja usia 6 hingga 12 tahun perspekif bimbingan konselig islam di dojang kota pekalongan?. Beberapa metode Kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kisah/cerita, amtsal(perumpaan), Uswatun Hasanah (keteladan) dan pembiasaan, individula dan kelompok serta targhib dan tarhib (penghargaan dan hukuman). Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan karakter jeja usia 6 hingga 12 tahun perspektif bimbingan konseling islam di dojang Kota Pekalongan dan proses pembinaan karakter jeja usia 6 hingga 12 tahun perspektif bimbingan konseling islam di dojang Kota Pekalongan. Subjek penelitian adalah sabeum / pelatih sebagai pelaku pembinaan karaketer, orangtua murid sebagai narasumber dan jeja/siswa sebagai objek pembinaan karakter. Rumusan masalah pada penelitian adalah bagaimana pelakasaan dan proses pembinaan karakter jeja usia 6 hingga 12 tahun perspektif Bimbingan Konseling di Dojang Kota Pekalongan Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan analisi data. Hasil penelitian bahwa: pembinaan karakter jeja dengan metode kualitatif dengan pendekatan kisah/cerita, amtsal(perumpaan), Uswatun Hasanah (keteladan) dan pembiasaan, individula dan kelompok serta targhib dan tarhib (penghargaan dan hukuman), mampu membina karakter jeja usia 6 hingga 12 tahun di Dojang Kota Pekalongan menjadi akhlak baik dan karimah. Pembinaan karakter jeja juga tak lepas peran dan dukungan orangtua tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBhakti, Wirayudha PermanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Karakter Jeja, Persepktif Bimbingan Konseling Islam.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 19 Aug 2024 09:02
Last Modified: 19 Aug 2024 09:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10494

Actions (login required)

View Item View Item