Pelaksanaan Bimbingan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kematangan Emosi Remaja Di Panti Asuhan Putri Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalongan.

Sukadia, Erna (2022) Pelaksanaan Bimbingan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kematangan Emosi Remaja Di Panti Asuhan Putri Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalongan. Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2041116018-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2041116018-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2041116018-Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Kematangan emosi merupakan keadaan perasaan atau reaksi yang stabil terhadap suatu objek masalah, sehingga keputusan atau perilaku didasarkan pada pertimbangan, dari satu keadaan suasana hati ke suasana hati lain. Dalam mencapai kematangan emosi remaja perlu bimbingan agama islam, karena tidak semua orang termasuk remaja bisa menyalurkan emosi ke hal-hal yang positif sehingga perlu adanya bimbingan agama islam agar setiap memiliki problem bisa mengatasi diri sendiri sehingga timbul kesadaran dan penyerahan diri terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sehingga timbul kesadaran dirinya sendiri dan menemukan sebuah cahaya harapan kebahagiaan dimasa sekarang maupun dimasa depan ataupun kebahagiaan dunia dan akherat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kematangan emosi remaja di Panti Asuhan Putri Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalongan. Bagaimana pelaksanaan bimbingan agama Islam untuk meningkatkan kematangan emosi remaja di Panti Asuhan Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalaongan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber data primer diambil dari pembimbing agama, remaja di Panti Asuhan Putri Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalongan, dan pengurus. Pengumpulan data dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang penulis gunakan adalah analisis deskripsi, menggunakan contoh analisis Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kematangan emosional remaja di Panti Asuhan Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalaonganbahwa terdapat beberapa remaja yang belum memiliki kematangan emosional. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa remaja panti asuhan putri tersebut yang melakukan perilakuperilaku yang menyimpang antara lain yaitu; melalaikan kewajiban, mudah tersinggung dan berani menentang pengurus panti. Pelaksanaan bimbingan agama Islam di Panti Asuhan Putri Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalongan sudah cukup baik, bimbingan agama dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai agama dan materi dari hadist maupun Al-Qur’an untuk memberikan nasihat kepada anak asuhnya. Selain itu pelaksanaan bimbingan agama Islam di Panti Asuhan Putri Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalongan meliputi mudharoh, ceramah dari bimbingan yang diberikan tersebut cukup baik untuk meningkatkan kematangan emosi anak asuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Agama Islam dan Kematangan emosi
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:38
Last Modified: 20 Aug 2024 02:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10498

Actions (login required)

View Item View Item