Ratnasari, Monica Putri (2022) Bimbingan keagamaan untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an juz 29 di SDIT Plus Mutiara Umat Bojong. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
Text
3517078 -Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
Text
3517078 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
3517078 - lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
Abstract
Siswa SDIT Plus Mutiara Umat Bojong dalam menghafalkan Al-Qur’an memiliki daya tangkapnya masing-masing. Sehingga tidak semua siswa dapat terampil dan lancar dalam menghafal Al-Qur’an, dibutuhkan usaha lebih dalam mengajarkan siswa terampil dalam menghafal Al-Qur’an. Disamping peran guru yang diperlukan dalam pemberian motivasi siswa untuk menghafal Al-Qur’an, siswa yang bersangkutan pun harus mempunyai semangat dam motivasi yang tinggi. Jika tidak ada semangat dari dalam diri siswa, maka yang terjadi adalah siswa merasa terbebani dan akhirnya merasakan bosan, lelah, dan kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an. Skripsi ini berjudul Bimbingan Keagamaan Untuk Menumbuhkan Motivasi Siswa Dalam Menghafal Al-Qur’an Juz 29 di SDIT Plus Mutiara Umat Bojong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam menumbuhkan motivasi siswa agar semangat dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan keagamaan dengan menggunakan metode talaqqi, muraja’ah dan tabarok mempermudah siswa dalam melakukan hafalan Al-qur’an. Sehingga siswa termotivasi setelah diberikan bimbingan keagamaan dalam menghafal Al-Qur’an dan hasilnya efektif dan cukup baik, dibuktikan dengan semangat yang dimiliki siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Walaupun sulit karena ayat yang panjang mereka menggunakan saran yang diberikan oleh guru agar bisa menghafal lebih cepat. Ketika sudah mengetahui bagaimana cara yang digunakan agar cepat hafal, maka hal itu akan menjadi semangat siswa dalam menghafal Al-Qur’an tanpa terbebani
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Keagamaan, Motivasi | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 20 Aug 2024 07:05 | ||||||||
Last Modified: | 20 Aug 2024 07:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10506 |
Actions (login required)
View Item |