Irfamayanti, Aulia (2017) Peran guru pendidikan agama islam (pai) dalam pembiasaan kegiatan beribadah siswa di SMP Islam Moga. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
SMP Islam Moga adalah sekolah menengah pertama yang berbasis Islam.SMP Islam Moga menginginkan siswa nya memiliki perilaku yang baik.Karena dirasa pembiasaan kegiatan beribadah di sekolah merupakan salah satu bentuk pendekatan metode pembelajaran yang dinilai efektif untuk menanamkan nilai-nilai positif ke dalam diri peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana bentuk pembiasaan kegiatan beribadah yang diterapkan di SMP Islam Moga? Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembiasaan kegiatan beribadah siswa di SMP Islam Moga?Apa saja factor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam pembiasaan kegiatan beribadah siswa di SMP Islam Moga?. Tujuan untuk mengetahui bentuk pembiasaan kegiatan beribadah di SMP Islam Moga, untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembiasaan kegiatan beribadah di SMP Islam Moga.untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembiasaan kegiatan beribadah siswa di SMP Islam Moga. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bentuk pembiasaan kegiatan beribadah di SMP Islam Moga yaitu shalat dhuhur berjamaah, infaq, tadarus al-Qur’an, doabersama, membaca Asmaul Husna dan peringatan hari besar Islam.Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembiasaan kegiatan beribadah siswa diantaranya: (a) motivator, (b) informator, (c) fasilitator, (d) organisator, (e) pembimbing, dan (f) evaluator. Faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam pembiasaan kegiatan beribadah siswa di SMP Islam yaitu: (1) faktor pendukung meliputi: seluruh komponen berpartipasi dan bekerja sama baik kepalas ekolah, guru dan karyawans ekolah, adanya jadwal pelaksana kegiatan, dan tersedianya sarana dan prasarana, (2) faktor penghambat meliputi: keterbatasan nya waktu, masih adanya siswa yang tidak tanggung jawab dalam menjaga fasilitas beribadah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru, Pendidikan Agama Islam, Pembiasaan Beribadah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:11 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1051 |
Actions (login required)
View Item |