Layanan Konseling Individual untuk mengembangkan kedisiplinan belajar siswa SMKN 1 Cikarang Selatan

Muflihah Nia, Azahroh (2022) Layanan Konseling Individual untuk mengembangkan kedisiplinan belajar siswa SMKN 1 Cikarang Selatan. Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
3518093-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3518093-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3518093-Lampiran.pdf

Download (465kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai layanan konseling individual untuk mengembangkan kedisiplinan belajar siswa SMKN 1 Cikarang Selatan. Namun di sekolah SMKN 1 Cikarang Selatan masih banyak siswa yang belum bisa disiplin terlebih pada kedisiplinan belajarnya. Untuk itu dibutuhkan bagi siswa yang memerlukan bantuan dan menyelesaikan masalahnya dengan layanan konseling individual. Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) Bagaimana kedisiplinan belajar siswa SMKN 1 Cikarang Selatan (2) Bagaimana layanan konseling individual dalam mengembangkan kedisiplinan belajar siswa SMKN 1 Cikarang Selatan. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan deskriptifdan metode kualitatif. Penelitian lapangan adalah dengan mengumpulkan data dari lapangan seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengkan penelitian kualitatif ini berperan menganalisis serta menyajikan fakta secara sistematis meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pada siswa memiliki kedisiplinan belajar yang rendah. Karena kurangnya kesadaran serta beberapa faktor yang mempengaruhi siswa tidak disiplin, seperti faktor keluarga, faktor lingkungan sosial dan teman sebaya serta faktor dalam diri siswa sendiri. Kurangnya disiplin belajar pada siswa ini diakibatkan karena tidak adanya indiktor pada diri suswa tersebut, indikator kedisiplinan menurut syafirudin dalam jamilin simbolon (2020:2) adalah sebagai berikut: 1) Ketaatan dalam tata tertib di sekolah dengan indikator: a. kehadiran siswa, b. penggunaan pakaian seragam sekolah dan c. lingkungan sekolah. 2) Ketaatan dalam kegiatan belajar di sekolah dengan indikator sebagai berikut: a. mengikuti dengan baik kegiatan pembelajaran di sekolah, dan b. aktif dalam kegiatan pembelajaran. 3) Ketaatan dalam mengerjakan tugas-tugas pelajaran dengan indikator : a. mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, b. mengumpulkan tugas tepat waktu. Sehingga untuk mengembangkan kedisiplinan belajar siswa harus dilakukan upaya agar siswa dapat memiliki ketiga indikator tersebut, kurangnya kedisiplinan pada belajarnya siswa tidak bisa dianggap remeh dan sangat diperhatikan oleh pihak sekolah SMKN 1 Cikarang Selatan, karena jika kurangnya sikap disiplin belajar siswa akan mempengaruhi pretasi belajar siswa yang rendah. Untuk itu guru BK di sekolah SMKN 1 Cikarang Selatan sigap dalam menghadapi dan membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi siswa dengan layanan konseling individual

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFarmawati, CintamiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar, Layanan Konseling Individual
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:58
Last Modified: 21 Aug 2024 02:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10524

Actions (login required)

View Item View Item