Efektivitas Layanan Konseling Behavioral dengan Teknik Latihan Asertif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Muslim Kelas X SMA Negeri 1 Bantarkawung Kabupaten Brebes

Sarim Arum, Aprillia (2022) Efektivitas Layanan Konseling Behavioral dengan Teknik Latihan Asertif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Muslim Kelas X SMA Negeri 1 Bantarkawung Kabupaten Brebes. Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
3518090-Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3518090-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3518090-Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Kepercayaan diri merupakan aspek kepribadian yang menjunjung keberhasilan siswa yang tercipta melalui pembelajaran siswa dalam berinteraksi dengan sekitarnya. individu dapat disebut percaya diri ketika telah menunjukkan tindakan atau perilaku seperti dapat memutuskan sebuah keputusan, tidak mudah menyerah, tidak gugup, berani berpendapat, berani presentasi, bertanya atau menjawab pertanyaan. Dapat dilihat baik tidaknya rasa percaya diri siswa diukur dari keenam indikator di atas. Siswa yang dapat melalukan keenam indikator di atas dapat dikatakan memiliki percaya diri yang baik.Namun demikian, ada beberapa siswa di SMA Negeri 1 Bantarkawung yang memiliki kepercayaan diri rendah. Dalam hal ini, peneliti mengupayakan konseling behavioral dengan teknik latihan asertig untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Bantarkawung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kepercayaan diri siswa muslim kelas X SMA Negeri 1 Bantarkawung Kabupaten Brebes sebelum penerapan layanan konseling behavioral dengan teknik latihan asertif (2) Bagaimana kepercayaan diri siswa muslim kelas X SMA Negeri 1 Bantarkawung Kabupaten Brebes sesudah penerapan layanan konseling behavioral dengan teknik latihan asertif? (3) Bagaimana efektivitas layanan konselingIbehavioral dengan teknik latihanIasertif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa muslim kelas X SMA Negeri 1 Bantarkawung Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan metode preeksperimental dengan jenis yang digunakan adalah one-group pretest-posttes design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (pretest dan posttest). Teknik analisis data menggunakan uji t (Paired Sample T Test). Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Bantarkawung setelah diberikan perlakuan terdapat perbedaan skor. Selisih rata-rata pretest dan posttest adalah 11,4. Sedangkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t yang dilakukan dengan Sofware program komputer SPSS 25 diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) = 0,000. Karena nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa konseling behavioral dengan teknik latihan asertif efektif diberikan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaduqisti, EstiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konseling Behavioral, Teknik Latihan Asertif, Kepercayaan Diri
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 21 Aug 2024 03:45
Last Modified: 21 Aug 2024 03:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10530

Actions (login required)

View Item View Item