Bimbingan Keagamaan Dalam menumbuhkan Kesadaran Melaksanakan Salat Santri Ruang VI TPQ ‘Aisyiyah Ta’aruf Petukangan Wiradesa Pekalongan.

Mulia, Hilda Affarani (2022) Bimbingan Keagamaan Dalam menumbuhkan Kesadaran Melaksanakan Salat Santri Ruang VI TPQ ‘Aisyiyah Ta’aruf Petukangan Wiradesa Pekalongan. Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
3518075-Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3518075-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3518075-lampiran.pdf

Download (616kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Bimbingan agama berarti proses membantu individu secara terus-menerus yang menggunakan sumber Al-Qur'an dan Hadits agar individu dapat memahami setiap kesalahannya. Kesadaran merupakan konetifitas antara hati, pikiran, pemahaman, perilaki, budi pekerti. Tingkat kesadaran adalah ukuran dari kesadaran dan respon seseorang terhadap rangsangan dari lingkungan. Salat fardu merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh seluruh umat Islam, yang wajib dilakukan oleh anak-anak, remaja maupun orang tua Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesadaran salat fardu dan pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam menumbuhkan kesadaran melaksanakan salat fardu santri ruang VI TPQ ‘Aisyiyah Ta’aruf Petukangan Wiradesa. Kegunaan penelitian ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai bimbingan agama dalam memperbaiki pelaksanan salat fardu . Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field resarch). Adapun pendekatan penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan, sumber data skunder dan data primer. Teknik pengumoulan data yang digunakan adalah onterview/wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini terdapat tiga komponen analisis data yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kesadaran dalam melaksanakan salat fardu di TPQ ‘Aisyiyah Ta’aruf sebelum diadakannya bimbingan belum sepenuhnya tumbuh pada diri santri sehingga penting memberikan pengajaran kepada santri agar mereka terbiasa dalam malaksanakan salat. Dalam melaksanakan bimbingan keagamaan, TPQ ‘Aisyiyah Ta’aruf menerapkan beberapa materi yaang biasa digunakan untuk menyempurnakan kegiatan bimbingan keagamaan, antara lain materi tentang salat, materi tentang fiqih, materi tentang akidah dan materi tentang akhlak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHaryati, Tri AstutikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bimbingan Agama, MenumbuhkanKesdaran dan Salat.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:24
Last Modified: 21 Aug 2024 04:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10534

Actions (login required)

View Item View Item