Peran Pembimbing Agama Dalam Pembentukan Sikap Keberagamaan Lansia di RPSBM (Rumah Perlindungan Sosial Berbasis Masyarakat)

Nugrahani, Nimas Tri (2022) Peran Pembimbing Agama Dalam Pembentukan Sikap Keberagamaan Lansia di RPSBM (Rumah Perlindungan Sosial Berbasis Masyarakat). Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
3518034-Bab1&5.pdf

Download (6MB)
[img] Text
3518034-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
3518034-Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di RPSBM Kuripan, lansia yang berada di RPSBM memiliki permasalahan dalam sikap keberagamaannya, hal tersebut ditunjukkan dengan adanya ciri-ciri seperti tidak hafal bacaan sholat, tidak hafal surah pendek termasuk Al-Fatikhah, masih sering marah-marah, dan tidak bisa bersabar. Berkaitan dengan peran pembimbing agama yang berada di RPSBM Kuripan, maka diperoleh rumusan masalah yaitu bagaimana peran pembimbing agama dalam pembentukan sikap keberagamaan lansia di RPSBM? Lalu yang kedua bagaimana sikap keberagamaan lansia di RPSBM?, sehingga diperoleh tujuan dan kegunaan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana peran pembimbing agama di RPSBM dalam pembentukan sikap keagamaan lansia dan bagaimana sikap keagamaan lansia di RPSBM. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan (Field Research) atau penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data peneliytian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Menggunakan jenis analisis data yaitu reduksi, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pembimbing agama dalam pembentukan sikap keberagamaan lansia yang ada di RPSBM Kuripan sudah sesuai dengan indikator peran pembimbing sebagaimana pada mestinya seperti pembimbing mengarahkan sikap keberagamaan lansia kearah yang lebih baik, lalu menasehati dan membantu lansia untuk melakukan hal-hal yang baik untuk diri mereka sendiri. Sedangkan sikap keberagamaan lansia di RPSBM Kuripan sebelum dan sesudah diberikan bimbingan keagamaan memiliki pengaruh dalam perubahan sikap keberagamaan lansia menjadi lebih baik seperti memiliki kesadaran untuk beribadah, menghafal bacaan sholat, mau menghafal surahsurah pendek, mulai hafal Al-fatikhah, mulai bersabar dengan istighfar, dan tidak mudah marah, jika dibandingkan dengan sebelum diberikan bimbingan keagamaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDarmaningrum, Khaerunnisa TriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Peran, Pembimbing Agama, dan Sikap Keberagamaan
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:17
Last Modified: 22 Aug 2024 01:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10547

Actions (login required)

View Item View Item