Pelaksanaan Bimbingan Islam Untuk Membangun Keluarga Sakinah Pada Jamaah Majelis Taklim Hidayatul Mubtadi-ien Sampangan Kota Pekalongan.

Masruroh, Masruroh (2022) Pelaksanaan Bimbingan Islam Untuk Membangun Keluarga Sakinah Pada Jamaah Majelis Taklim Hidayatul Mubtadi-ien Sampangan Kota Pekalongan. Diploma thesis, UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
3518020-Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3518020-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3518020_lampiran.pdf

Download (942kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Keluarga sakinah menjadi dambaan bagi setiap pasangan yang telah menikah, karena di dalam keluarga sakinah setiap anggota mempunyai perasaan hati yang tenang dan tidak ada konflik maupun kebimbangan di dalamnya. Padahal banyak manfaat yang terkandung di dalam keluarga sakinah di antaranya adalah dapat meningkatkan derajat kemanusiaan dan ibadah, memperoleh ketenangan dan ketentraman jiwa, meneruskan keturunan, keluarga dapat terjaga dari siksa api neraka, dan dapat mencetak generasi penerus yang cerdas dan mempunyai akhlak karimah. Mengingat banyaknya manfaat yang bisa didapat, sehingga penting untuk dibentuk keluarga sakinah agar tercipta ketentraman dalam keluarga. Salah satu cara untuk membentuk keluarga sakinah adalah melalui bimbingan Islam. Rumusan masalah yang ditentukan peneliti yakni Bagaimana pelaksanaan bimbingan Islam untuk membentuk keluarga sakinah pada Jamaah Majelis Taklim Hidayatul Mubtadi-ien dan Bagaimana gambaran keluarga Jamaah Majelis Taklim Hidayatul Mubtadi-ien. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan Islam untuk membentuk keluarga sakinah pada Jamaah Majelis Taklim Hidayatul Mubtadi-ien, dan untuk mengetahui gambaran keluarga sakinah Jamaah Majelis Taklim Hidayatul Mubtadi-ien. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan kontribusi pemikiran dalam perkembangan ilmu Bimbingan Penyuluhan Islam yakni yang berkaitan dengan pelaksanaan bimbingan Islam untuk membentuk keluarga sakinah pada jamaah majelis taklim Hidayatul Mubtadi-ien Sampangan Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan melalui pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan naturalistik. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan pertama, pelaksanaan bimbingan Islam di majelis taklim Hidayatul Mubtadi-ien Sampangan Kota Pekalongan sudah memenuhi unsur-unsur bimbingan Islam, materi yang diberikan sesuai dengan materi bimbingan Islam, pelaksanaan bimbingan Islam berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada pada teori. Kedua, gambaran keluarga sakinah pada jamaah majelis taklim Hidayatul Mubtadi-ien Sampangan Kota Pekalongan dapat dikatakan telah memenuhi indikator-indikator keluarga sakinah. Akan tetapi, pelaksanaan bimbingan untuk mencapai keluarga sakinah ini belum dapat dikatakan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDarmaningrum, Khaerunnisa TriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Bimbingan Islam, Keluarga Sakinah, dan Majelis Taklim.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:46
Last Modified: 22 Aug 2024 01:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10550

Actions (login required)

View Item View Item