Bimbingan Islami Melalui Kajian Kitab Fiqih Sunah Dalam Meningkatkan Religiusitas Ibu-ibu Majelis Taklim Ulul Albab Desa Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang.

Hikmah, Dian Nur (2022) Bimbingan Islami Melalui Kajian Kitab Fiqih Sunah Dalam Meningkatkan Religiusitas Ibu-ibu Majelis Taklim Ulul Albab Desa Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
3518039-Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3518039-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
3518039-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Religiusitas didefinisikan sebagai tingkat pengetahuan tentang agama yang dianut seseorang dan tingkat pemahaman yang dapat dipahami tentang agama yang dianutnya. Namun di desa Samong ternyata banyak jamaah di majelis taklim yang rajin mengikuti kajian tetapi hanya sebatas rutinitas dan ritual saja sehingga perilakunya tidak mencerminkan pengetahuan agama yang didapatkan dari pengajian tersebut seperti malas beribadah, tidak menutup aurat, melakukan sesuatu yang berbau riba, berselisih dengan tetangga dan lain sebagainya. Berkaitan denga hal tersebut maka dibutuhkan Bimbingan Islami melalui kajian kitab Fiqih Sunnah. Bimbingan Islami ini diharapkan mampu untuk meningkatkan religiusitas masyarakat termasuk ibu-ibu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana religiusitas ibu-ibu majelis taklim Ulul Albab desa Samong kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang? (2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan Islami melalui kajian kitab Fiqih Sunnah dalam meningkatkan religiusitas ibu-ibu majelis taklim Ulul Albab desa Samoang kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang? Kemudian penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui religiusitas ibu-ibu majelis taklim Ulul Albab desa Samong kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan agama Islam melalui kajian kitab Fiqih Sunnah dalam meningkatkan religiusitas ibu-ibu majelis taklim Ulul Albab desa Samong kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Religiusitas ibu-ibu setelah mengikuti bimbingan Islami melalui kajian kitab Fiqih Sunnah dapat dikatakan meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan, baik perubahan dalam dimensi peribadatan, dimensi penghayatan, dimensi pengetahuan agama dan dalam dimensi pengamalan. Kedua, pelaksanaan bimbingan Islami melalui kajian kitab Fiqih Sunnah dalam meningkatkan religiusitas ibu ibu majelis taklim Ulul Albab desa Samong sudah sesuai dengan tahapan bimbingan Islami yaitu tahap pembukaan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran. Bimbingan ini cukup efektif dalam meningkatkan religiusitas hal tersebut dapat dibuktikan hampir sepenuhnya dimensi religiusitas jama’ah meningkat walaupun dalam dimensi keyakinan mereka tidak mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSu’aidi, HasanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami, Religiusitas dan Fiqih
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:15
Last Modified: 22 Aug 2024 02:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10552

Actions (login required)

View Item View Item