Peran Pembimbing Agama dalam Mengembangkan Emotional Well-being Remaja di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Pekalongan

Fitria, Alya (2022) Peran Pembimbing Agama dalam Mengembangkan Emotional Well-being Remaja di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
3518077-Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3518077-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3518077-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Emotional Well-being merupakan kondisi emosional yang terdiri dari kepuasan hidup, keseimbangan antara afek positif serta negatif dan kebahagiaan yang dirasakan individu dikegiatan nya. Tugas seorang Pembimbing Agama yaitu seseorang yang berusaha memberikan bantuan kepada individu yang mengalami kesusahan baik lahiriyah maupun batiniah yang yang menyangkut dengan kehidupan nya lewat anjuran keteguhan iman serta taqwanya terhadap Allah. Dengan adanya peran pembimbing agama diharapkan agar emotional well-being remaja khususnya siswa kelas 12 dapat berkembang dengan baik dilingkungan Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah (PAYM) Pekalongan maupun dilingkungan masyarakat sekitarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama adalah peran pembimbing agama dalam mengembangkan emotional well-being remaja di PAYM Pekalongan, yang kedua bagaimana kondisi emotional well-being remaja di PAYM Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran pembimbing agama dalam mengembangkan emotional well-being remaja di PAYM Pekalongan dan untuk mengetahui kondisi emotional well-being remaja di PAYM Pekalongan. Jenis penelitian yang yang digunakan pada penelitian adalah penelitian lapangan (field reseach), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Bentuk analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembimbing agama dalam mengembangkan emotional well-being remaja di PAYM Pekalongan ini sudah menjalankan peran nya sebagai mediator, penasehat, pendorong, pemantap dan penggerak serta pengarah dengan baik dan tepat. Hasil penelitian terkait kondisi emotional well-being remaja di PAYM Pekalongan ini sudah berkembang menjadi lebih baik, karena adanya pembimbing agama yang berperan penting dalam mengembangkan emotional well-being. Sehingga sebagian besar remaja di PAYM Pekalongan saat ini memiliki emotional well-being yang tinggi. Hal ini ditunjukkan dari remaja melalui beberapa perilaku yaitu kepuasan, kebahagiaan dan optimis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHimawanti, IzzaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Pembimbing Agama, Emotional Well-being, dan Remaja.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:42
Last Modified: 22 Aug 2024 02:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10554

Actions (login required)

View Item View Item