Peran Konselor Islam dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Pekalongan Selatan.

Santoso, Nur Ahmad Budi (2022) Peran Konselor Islam dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Pekalongan Selatan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
3518109-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3518109_fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3518109-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Berkaitan dengan kemandirian tidak bisa dilepaskan dari peran konselor Islam. Peran konselor Islam diharapkan mampu memotivasi belajar serta membentuk kemandirian di sekolah maupun di lingkungan masyarakat dengan baik. Bentuk kemandirian anak tunarungu di sekolah luar biasa Pekalongan selatan sangatlah beragam. Namun, ada beberapa anak yang mulai menunjukan kemandiriannya yang dimana ditunjukan dengan mulai dapat melakukan pekerjaannya sendiri, seperti makan, minum dan membantu memasak, dan mulai berinteraksi dengan anak tunarungu dari sekolah lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran konselor Islam pada anak tunarungu di sekolah luar biasa Pekalongan Selatan (2) Bagaimana bentuk kemandirian anak tunarungu sebelum dan sesudah di terapkan teknik modeling di sekolah luar biasa Pekalongan Selatan Pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Dimana metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber-sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian dan simpulan penelitian ini menunjukan bahwa Peran konselor Islam dalam pendidikan, manager kegiatan, konsultasi, panutan dan perancang kegiatan memiliki pengaruh besar dalam mengembangkan kemandirian anak tunarungu, dan dalam bentuk kemandirian sebelumnya anak tunarungu memiliki emosi, tingkah laku, nilai dan intelektual yang kurang namun setelah adanya teknik modeling terjadi perubahan dapat mengendalikan emosi, adanya berubahan tingkah laku, memahami benar dan salah dan mencoba untuk berinteraksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBhakti, Wirayudha PramanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Konselor Islam, Kemandirian Anak Tunarungu, Teknik Modeling
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:40
Last Modified: 22 Aug 2024 03:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10563

Actions (login required)

View Item View Item