Pengaruh Peer Counseling terhadap Aspirasi Karier Mahasiswa di Rumah Konseling HMJ BPI IAIN Pekalongan

Lasari Yuni, Ika Nafilah (2022) Pengaruh Peer Counseling terhadap Aspirasi Karier Mahasiswa di Rumah Konseling HMJ BPI IAIN Pekalongan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

[img] Text
3517108-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3517108-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3517108-lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Karier yang baik dan menjanjikan merupakan suatu harapan yang diinginkan setiap mahasiswa. Begitu banyak pilihan karier yang ada dihadapan mahasiswa. Hal tersebut menjadi persoalan tersendiri bagi mahasiswa, terutama bagi mahasiswa yang tidak memiliki cita-cita. Dalam hal ini, Rumah Konseling HMJ BPI hadir guna menyediakan ruang untuk mahasiswa yang ingin berbagi masalah yang sedang dihadapinya. Berdasarkan wawancara yang dilakukan, ada banyak mahasiswa yang bermalas-malasan mengerjakan tugas akhirnya. Padahal aspirasi karier yang tinggi diasumsikan dapat memicu individu unuk mencapai tujuan karier yang diinginkan. Berdasarkan uraian diatas, peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Peer Counseling terhadap Aspirasi Karier Mahasiswa di Rumah Konseling HMJ BPI IAIN Pekalongan”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kategorisasi peer counseling dan aspirasi karier mahasiswa di Rumah Konseling HMJ BPI serta bagaimana pengaruh peer counseling terhadap aspirasi karier mahasiswa di rumah konseling HMJ BPI IAIN Pekalongan. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh peer counseling terhadap aspirasi karier mahasiswa di rumah konseling HMJ BPI IAIN Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan kategorisasi peer counseling di Rumah Konseling HMJ BPI termasuk pada kategori sedang dengan hasil perhitungan rata-rata sebesar 53,33. Sedangkan Kategorisasi aspirasi karier mahasiswa di Rumah Konseling HMJ BPI termasuk pada kategori tinggi dengan hasil perhitungan rata-rata sebesar 80,38. Berdasarkan uji pengaruh yang dilakukan diperoleh hasil Sig. = 0,013. Karena Sig. = 0,013 < 0,05 maka variabel X memiliki pengaruh terhadap variabel Y. Artinya, ada pengaruh peer counseling terhadap aspirasi karier mahasiswa di Rumah Konseling HMJ BPI IAIN Pekalongan. Dengan besar pengaruh diperoleh sebesar 16,7%, yang artinya variabel peer counseling (X) mempengaruhi variabel aspirasi karier (Y) secara positif sebesar 16,7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDarmaningrum, Tri KhairunnisaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Peer Counseling, Aspirasi Karier
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:12
Last Modified: 22 Aug 2024 04:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10564

Actions (login required)

View Item View Item