Pengaruh Intensitas Bimbingan Rohani Islam Terhadap Motivasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Nurul Huda Simbang Kulon Buaran Pekalongan.

Dzulkornain, Faiza (2022) Pengaruh Intensitas Bimbingan Rohani Islam Terhadap Motivasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Nurul Huda Simbang Kulon Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2041116030-Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2041116030-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2041116030-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Motivasi belajar penting dalam proses pembelajaran karena menjadi prinsip dan hukum pertama dalam kegiatan pendidikan. Masalah motivasi belajar perlu mendapat perhatian lebih karena rendahnya motivasi belajar akan memberikan dampak buruk, seperti, menurunnya prestasi belajar hingga perilaku tidak baik yang dapat mengarah pada perilaku kenakalan remaja. Tanpa adanya motivasi belajar seorang santri akan mendapatkan kesulitan dalam belajar dan akan lebih banyak mendapatkan masalah kedepannya. Namun demikian, yang terjadi di Pondok Pesantren Nurul Huda motivasi belajar sebagian besar santri disana masih rendah, terutama motivasi belajar dari santri-santri tahun ketiga. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar santri adalah bimbingan rohani Islam. Dalam hal ini, peneliti mengamati pengaruh dari intensitas bimbingan rohani Islam dalam memotivasi belajar santri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana intensitas bimbingan rohani Islam di Pondok Pesantren Nurul Huda. (2) Bagaimana motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Nurul Huda. (3) Adakah pengaruh intensitas bimbingan rohani Islam terhadap motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Nurul Huda. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan desain penelitian yang digunakan adalah metode penelitian studi kasus. Penelitian studi kasus adalah bagian dari penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakanianalisisiregresiilinear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata santri dalam intensitas bimbingan rohani Islam adalah tinggi, yaitu di angka 35,7 dalam kelas interval. Dengan total persentase masuk kriteriaitinggi yaitu 60 % dari total persentase 100%. Dan hasil dari nilai rata-rata motivasi belajar santri adalah tinggi, yaitu di angka 84,35 dalam kelas interval. Dengan total ipersentase imasuk ikriteria itinggi yaitu 52,5 % dari total persentase 100%. Sedangkan Hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana yang dilakukan dengan bantuan sofware program komputer SPSS 16 diperoleh nilai Sig. 0,003. Karena nilai Sig. 0,003 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. iHal iini iberarti ipersamaan iŶ i= 49.340 i+ 917X idisebut ipersamaan ilinier, iartinya ivariabel iX imempunyai hubungan iyang ilinier iterhadap ivariabel iY. iKemudian ianalisis dilanjutkan i dan i diperoleh ihasil ibahwa ivariabel iX i(bimbingan irohani Islam) iberpengaruh iterhadap ivariabel iY i(motivasi belajar) isecara positif yaitu isebesar i0,204 iatau i20,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBhakti, Wirayudha PramanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam, Motivasi belajar.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 23 Aug 2024 06:33
Last Modified: 23 Aug 2024 06:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10572

Actions (login required)

View Item View Item