Peran Pembimbing Agama Islam Dalam Membentuk Konsep Diri Positif Anak Asuh Di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kajen

Rizqy, Dewi Yunita (2022) Peran Pembimbing Agama Islam Dalam Membentuk Konsep Diri Positif Anak Asuh Di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kajen. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2041116097-Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2041116097-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2041116097-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Dalam membentuk konsep diri positif memang tidaklah mudah dalam proses ini dibutuhkan keyakinan, keniatan, kemauan yang tinggi, rasa semangat dalam merubah kepribadian yang positif. Tidak cukup hanya berbekal kemauan dan niat saja, para anak juga harus dibekali dengan adanya bimbingan agama Islam, bimbingan agama Islam disini berfungsi sebagai penyemangat ataupun motivasi apabila para anak asuh dalam melakukan proses membentuk konsep diri positif mengalami berbagai kendala dalam membentuk konsep diri positif. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana konsep diri anak asuh Panti Asuhan Yayasan Muhammadiyah Kajen, 2) Bagaimana peran pembimbing agama Islam dalam membentuk konsep diri positif anak asuh di Panti Asuhan Yayasan Muhammadiyah Kajen, dan 3) Bagaimana Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk konsep diri positif anak asuh di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kajen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan pendekatan psikologis. Sumber datanya menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dari Pak Ustad dan anak asuh yang ada di PAY M Kajen, dan sumber data sekunder dari staff pegawai PAY M Kajen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dari pembimbing agama Islam dapat dikatakan berhasil dalam membentuk konsep diri positif anak asuh di Panti Asuhan Anak Yatim Muhammadiyah Kajen, awalnya anak asuh memiliki ciri-ciri konsep diri negatif, tetapi setelah melakukan bimbingan agama Islam yang diberikan oleh Pak Ustad, anak asuh berangsur dapat membentuk konsep diri positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZulfa, NadhifatuzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Pembimbing, Bimbingan Agama Islam, dan Membentuk Konsep Diri Positif.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:14
Last Modified: 23 Aug 2024 07:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10576

Actions (login required)

View Item View Item