Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Virtual Melalui Whatsapp Group di Era New Normal Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 3 SMP Al Irsyad Kota Pekalongan

Muhammad, Iqbal (2022) Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Virtual Melalui Whatsapp Group di Era New Normal Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 3 SMP Al Irsyad Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2041116099-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2041116099-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2041116099 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Pembelajaran jarak jauh merupakan sebuah solusi pendidikan kala pada masa New Normal. Pasalnya guna untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Siswa kelas 3 di SMP Al Irsyad Kota Pekalongan memiliki minat belajar yang sangat menurun, siswa kelas 3 ini merupakan siswa yang selalu tidak ada ketertarikan kepada suatu mata pelajaran pada saat pembelajaran jarak jauh. Berkaitan dalam hali ini upaya sekolah dalam mengatasi tersebut ialah dengan melakukan pelaksanaan bimbingan kelompok virtual. Peran guru BK ini diharapkan mampu mengatasi minat belajar siswa kelas 3 yang menurun menjadikan minat belajar yang meningkat lagi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kondisi minat belajar siswa kelas 3 di Era New Normal. (2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok virtual melalui whatsapp group di era new normal untuk meningkatkaan minat belajar siswa kelas 3 SMP Al Irsyad Kota Pekalongan. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber-sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Miles and Huberman, terdapat tiga tahap dalam analisis data yang menggunakan Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok virtual pada siswa kelas 3 SMP Al Irsyad Kota Pekalongan yakni: pertama, sebelum dilakukannya bimbingan kelompok virtual oleh guru BK kondisi minat belajar siswa kelas 3 sangatlah menurun. Setelah dilakukannya pelaksanaan bimbingan kelompok virtual kondisi minat belajar siswa kelas 3 menjadi baik. Kedua, Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Virtual Kelas 3 SMP Al Isyad Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZulfa, NadhifatuzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa, Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Virtual.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:28
Last Modified: 23 Aug 2024 07:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10577

Actions (login required)

View Item View Item