Pengaruh Bimbingan Perkawinan Terhadap Keharmonisan Keluarga di Panjang Wetan Kota Pekalongan

Syafira, Hanum Salsabillaila (2021) Pengaruh Bimbingan Perkawinan Terhadap Keharmonisan Keluarga di Panjang Wetan Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2041116101-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2041116101-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2041116101-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Bimbingan perkawinan adalah upaya pemberian bantuan untuk membantu pasangan calon suami istri oleh pempimbing, sehingga mereka dapat memecahkan masalah yang dihadapinya dalam kehidupan berumah tangga. Keikutsertaan pasangan calon pengantin dalam bimbingan perkawinan sangat berpengaruh terhadap keluarga yang akan mereka bina. Hal itulah yang mendasari perlunya bimbingan perkawinan sebelum menikah agar tercapainya sebuah keluarga yang harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan perkawinan terhadap keharmonisan keluarga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang memusatkan penelitian pada suatu kasus intensif yang mendetail. Subjek penelitian adalah pasangan suami warga Rw 07 Kelurahan Panjang Wetan Kota Pekalonagan dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini dapat dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari bimbingan perkawinan terhadap keharmonisan keluarga di Panjang Wetan Kota Pekalongan. Hal ini ditunjukan dari perolehan hasil nilai Sig. 0%. artinya nilai Sig. = 0% < 5%, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Adanya persamaan Ŷ = 14.966 + 1,254X disebut persamaan linier, artinya bimbingan perkawinan mempunyai hubungan linier terhadap keharmonisan keluarga. Kemudian analisis dilanjutkan dan diperoleh hasil bahwa variabel X (bimbingan perkawinan) berpengaruh terhadap variabel Y (keharmonisan keluarga) secara positif yaitu sebesar 0,583 atau 58,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Perkawinan dan Keharmonisan Keluarga.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:38
Last Modified: 23 Aug 2024 07:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10578

Actions (login required)

View Item View Item