Implementasi Bimbingan Konseling Berbasis Islami Untuk Mengatasi Penerimaan Diri Anak Indigo dalam film The Sacred Riana.

Dasuki, Ahmad (2022) Implementasi Bimbingan Konseling Berbasis Islami Untuk Mengatasi Penerimaan Diri Anak Indigo dalam film The Sacred Riana. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2041116110-Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2041116110-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2041116110-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Banyak pengakuan dari anak indigo merasa terbebani karena kemampuanya ini. Menghambat dirinya dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya karena ia merasa takut dikatakan tidak normal dan aneh. Sehingga sebagian banyak dari anak indigo enggan menerima dirinya. Ketika anak indigo tidak bisa menerima dirinya sendiri, ia akan merasa kesulitan dalam bersosialisasi, menutup diri, dan menjadi pendiam. Itulah mengapa penerimaan diri sangat penting untuk seorang anak indigo. Seperti contoh pada dalam film The Sacred Riana. dalam film ini banyak proses bimbingan konseling yang menarik dalam menghadapi anak indigo yang bisa kita pelajari dan perlu dikaji dari perspektif islam. Sehingga dapat diketahui kesesuaian proses konseling yang ada pada film tersebut dengan konsep yang ada dalam nilai – nilai islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanaa.penerimaan diri anak indigo dalam film The Sacred Riana? 2) Bagaimana implementasi bimbingan konseling berbasis islami untuk mengatasi masalah penerimaan diri anak indigo dalam film The Sacred Riana? Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Dokumen (Document Study). Adapun teknik pengumpulan data dalam pnelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Wacana Kritis model Teun A.Van Dijk. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penerimaan diri anak indigo dalam film The Sacred Riana yaitu menerima dirinya dengan menyadari kekuatan dan kelebihanya, bebas dari rasa malu dan bersalah. Implementasi bimbingan konseling islami untuk mengatasi masalah penerimaan diri anak indigo dalam film The Sacred Riana terbagi dalam 4 kali pertemuan dengan tetap menjaga asas-asas bimbingan konseling islami yaitu Asas Pembinaan Aklaqul karimah, Asas saling menghargai dan menghormati, dan Asas Keahlian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Berbasis Islami, Analisis Wacana Kritis, Penerimaan diri, Anak indigo
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:04
Last Modified: 23 Aug 2024 08:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10579

Actions (login required)

View Item View Item