Peran Penyuluh Agama Islam Dalam Pencegahan Pernikahan Usia Dini di Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan (Studi Kasus KUA Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan)

Pangestu, Handana Andre (2021) Peran Penyuluh Agama Islam Dalam Pencegahan Pernikahan Usia Dini di Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan (Studi Kasus KUA Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2041116113-Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2041116113-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2041116113-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Perkawinan adalah suatu cara yang dipilih oleh Allah sebagai jalan bagi makhluknya untuk berkembang biak, dan melestarikan hidupnya. (Wali) menurut sifat dan syarat yang telah ditetapkan Syara’ untuk menghalalkan percampuran keduanya, sehingga satu sama lain saling membutuhkan menjadi sekutu sebagai teman hidup dalam rumah tangga. Dalam rangka melengkapi kesempurnaan manusia sebagai makhluk yang mulia, Allah SWT telah membimbing manusia menuju fitrahnya. Hal ini disebabkan adanya faktor internal dan eksternal di dalam masyarakat yang melatar belakangi banyaknya pernikahan usia dini dalam hal ini bisa dipengaruhi dari keluarga dan juga teman-teman sebaya dari anak itu sendiri. Terutama bagi anak-anak yang masih di bawah umur yang belum siap dalam menerima kehidupan yang baru lagi. Sementara itu lingkungan budaya yang semakin kuat dapat mempengaruhi kepribadian dan karakter bagi anak usia dini. Dalam penelitian ini penulis akan merumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana pernikahan usia dini di Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan ?, (2) Bagaimana peran penyuluh agama Islam dalam pencegahan pernikahan usia dini di Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pernikahan usia dini di Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan (2) Untuk mengetahui bagaimana peran penyuluh agama islam di KUA Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) di mana peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena secara langsung dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan pada data deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa dan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya pernikahan anak usia dini dikarenakan beberapa faktor yaitu faktor ekonomi, faktor sosial dan juga faktor psikologis, untuk peran penyuluh agama islam di KUA Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan yaitu Penyuluh sebagai Figur, Penyuluh Sebagai Pemimpin Masyarakat dan Penyuluh Sebagai Imam di dalam Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaduqisti, EstiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran penyuluh agama islam, Pencegahan pernikahan Usia Dini
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:16
Last Modified: 23 Aug 2024 08:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10580

Actions (login required)

View Item View Item