Pelaksanaan Layanan Home Visit Untuk Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Kelas X di MAN 2 Kota Pekalongan

Eviana, Rizki (2022) Pelaksanaan Layanan Home Visit Untuk Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Kelas X di MAN 2 Kota Pekalongan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2041116120-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2041116120-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2041116120-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Dalam Islam, akhlak sangatlah penting. Islam mengajarkan manusia untuk hidup bermartabat dalam segala keadaan. Dalam kehidupan sehari-hari, merupakan hubungan yang tidak terpisahkan dengan moralitas dalam hubungannya dengan diri sendiri, keluarga, masyarakat, sekolah dan seseorang. Berdasarkan permasalahan tersebut, kehadiran home visit sebenarnya dibutuhkan dalam dunia pendidikan untuk menyelesaikan segala permasalahan tersebut dalam hal pembentukan akhlak yang ada pada diri siswa, karena dapat mempengaruhi secara langsung atau tidak langsung. Penelitian pelaksanaan layanan home visit untuk membentuk akhlakul karimah siswa kelas X di MAN 2 Kota Pekalongan difokuskan pada dua rumusan masalah; (1) Bagaimana Pelaksanaan layanan Home visit untuk membentuk Akhlakul Karimah Siswa bermasalah kelas X di MAN 2 kota Pekalongan. (2) Bagaimana Kondisi Akhlakul karimah siswa bermasalah Kelas X di MAN 2 kota Pekalongan. Sedangkan metode analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa MAN 2 Pekalongan kelas X, Kepala sekolah, Guru Akidah Akhlak, dan Guru BK. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan Layanan Home Visit Dalam membentuk akhlakul karimah Siswa Bermasalah di MAN 2 kota Pekalongan menggunakan bimbingan yang diberikan salah satunya ialah dengan layanan home visit. Layanan home visit ini diberikan kepada para siswa yang memiliki akhlak yang tergolong kurang baik. 2) Kondisi Akhlakul Karimah siswa Bermasalah Kelas X di MAN 2 kota Pekalongan yang menyimpang dapat berubah melalui pembentukan akhlak dan program home visit. pembentukan akhlakul kariman pada siswa di MAN 2 kota Pekalongan dilakukan melalui pemberian teladan, menjelaskan, menasehati, dan mengajarkan para siswa mengenai pembentukan akhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZulfa, NadhifatuzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Akhlakul karimah, Pelaksanaan Home visit
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:41
Last Modified: 26 Aug 2024 01:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10582

Actions (login required)

View Item View Item