Efektivitas Bimbingan Konseling Islam melalui WhatsApp untuk Meningkatkan Self Management Siswa SMA 1 Doro

Rustiyati, Rustiyati (2022) Efektivitas Bimbingan Konseling Islam melalui WhatsApp untuk Meningkatkan Self Management Siswa SMA 1 Doro. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2041116121-Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2041116121-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2041116121-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Bimbingan dan Konseling melalui internet ataupun telepon dikenal dengan istilah cyber counseling. Cyber counselling merupakan suatu istilah baru dalam dunia konseling. Munculnya cyber counselling menempatkan profesi bimbingan dan konseling ke dalam layanan yang langsung bebas dan terbuka. Hal ini sesuai dengan pendapat Sunaryo Kardinata yang mengatakan bahwa permasalahan yang terjadi sekarang ialah dihadapkannya layanan bimbingan dan konseling ke dalam verifikasi pada kebutuhan bimbingan dan konseling yang semakin luas, target klien layanan semakin banyak dan bervariasi. Pengelolaan diri (self management) berarti dorongan diri sendiri untuk maju, mengatur unsurunsur kemampuan pribadi, mengendalikan kemampuan untuk mencapai hal-hal baik, dan meningkatkan kepribadian agar lebih baik. Dalam pengelohan diri ada empat bentuk aspek perbuatan sebagai berikut: (1) pendorongan diri (Self Motivation), (2) penyusunan diri (Self Organization), (3) pengendalian diri (Self Control), (4) pengembangan diri (Self Development). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efekvitas bimbingan konseling islam melalui whatsapp untuk meningkatkan self management siswa Sma 1 Doro. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metode penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Design dengan desain Nonequaliment Group. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan uji t (Independent Sample T Test). Hasil penelitian ini yaitu, Perhitungan uji t dalam penelitian ini menggunakan bantuan Software program komputer SPSS 16. Hasil uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) = 0,006. Karena Sig. (2- tailed) = 0,006 < 0,05 maka Ho ditolak. Yang mana hipotesis Ha yang berbunyi “Self Management siswa sesudah diberikan bimbingan konseling islam melalui whatsapp lebih tinggi daripada self management siswa sebelum diberikan bimbingan konseling islam melalui hatsapp” diterima. Yang artinya, bimbingan konseling islam melalui whatasapp efektif untuk meningkatkan self management siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaduqisti, EstiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam, Self Management
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:49
Last Modified: 26 Aug 2024 01:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10583

Actions (login required)

View Item View Item