Yani, Indah Fitri (2023) Bimbingan Kelompok Berbasis Islami dalam Kegiatan Kepramukaan untuk Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Doro. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3518045-Bab1&5.pdf Download (3MB) |
|
Text
3518045-fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Dari aspek organisasi, Pramuka telah terbukti menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh semua siswa, tidak hanya sebagai tempat belajar tetapi juga sebagai tempat mengembangkan karakter mereka. Akibatnya banyak sekali manfaat yang tidak bisa didapatkan oleh siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler ini, diantaranya adalah kemandirian. Seseorang yang mandiri akan mampu membawa dirinya, dengan sedikit bergantung dengan orang lain, sehingga individu tersebut dapat mewujudkan apa yang dia inginkan secara nyata dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Maka dari itu guru BK dan merangkap sebagai pembina Pramuka, melakukan kegiatan bimbingan kelompok dalam kegiatan pramuka, untuk membentuk kemandirian siswa terhadap studinya. Diharapkan dari kegiatan ini siswa bisa terbentuk kemandiriannya serta mengambil pelajaran yang terkandung dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka.Di SMA Negeri 1 Doro terdapat masalah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian disana, diantaranya adalah, siswa tidak memiliki rasa inisiatif dalam pembelajaran, selain itu siswa juga tidak percaya diri, kurang disiplin, dan kurang memiliki rasa tanggungjawab, minimal tanggung jawab pada dirinya sendiri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kondisi kemandirian belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 DORO ? (2) Bagaimana kegiatan bimbingan kelompok berbasis islami dalam kegiatan kepramukaan untuk membentuk kemandirian belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Doro ? Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitataif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (filed research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan reduksi data, penyajian data, verivikasi, dan teknik validitas data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi kemandirian siswa kelas X SMA Negeri 1 Doro belum sepenuhnya terbentuk, tetapi setelah di beri bimbingan kelompok berbasis Islami dalam kegiatan kepramukaan siswa mengalami perubahan yang signifikan. Berkembangnya kemandirian belajar siswa ini ditandai dengan semakin sadarnya mereka akan tanggungjawab yang harus dilakukan. Selain itu sedikit demi sedikit mereka mulai disiplin akan waktu. Pun pada saat dilakukan wawancara mereka dapat berkomunikasi semakin baik. kegiatan ini adalah upaya Guru BK yang sekaligus sebagai pembina Pramuka agar dapat membantu rekan sesama guru yang resah akan kemandirian belajar siswanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok Berbasis Islami, Kepramukaan, Kemandirian Belajar | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2024 03:45 | ||||||||
Last Modified: | 27 Aug 2024 03:45 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10593 |
Actions (login required)
View Item |