Konsep pembinaan akhlak dalam perspektif bimbingan islam bagi orang tua dengan anak disleksia pada novel wonderful life

Hastuti, Aprilia Tri (2021) Konsep pembinaan akhlak dalam perspektif bimbingan islam bagi orang tua dengan anak disleksia pada novel wonderful life. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2041114062-Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2041114062-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Memiliki seorang anak yang mengalami kondisi khusus seperti disleksia seringkali membuat orangtua kesulitan dalam menerima dan menyesuaikan diri. Hal ini disebabkan oleh rasa kecewa yang mendalam pada diri orang tua atas kondisi anaknya. Maka perlu adanya alternatif bantuan yang dapat membantu orangtua dalam menerima dan menyesuaikan diri dengan kondisi anaknya. Salah satu alternatif bantuan yang dapat diberikan adalah pembinaan akhlak. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti tentang konsep pembinaan akhlak dalam perspektif bimbingan islam bagi orang tua dengan anak disleksia. Ada beberapa permasalahan yang akan peneliti bahas dalam penelitian ini, seperti bagaimana konsep pembinaan akhlak dalam perspektif bimbingan bagi orang tua dengan anak disleksia pada novel wonderful live? Bagaimana akhlak orang tua dengan anak disleksia dalam novel wonderful live?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pembinaan akhlak dalam perspektif bimbingan bagi orang tua dengan anak disleksia pada novel wonderful live, dan untuk mendeskripsikan akhlak orang tua dengan anak disleksia dalam novel wonderful live. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengetahuan dan pemahaman mengenai konsep pembinaan akhlak dalam perspektif bimbingan bagi orang tua dengan anak disleksia pada novel wonderful live. Serta dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi pembaca mengenai konsep-konsep pembinaan akhlak pada karya sastra yang berbentuk novel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis dengan model Miles dan Huberman. Berdasarkan analisis yang penulis lakukan dapat diketahui bahwa konsep pembinaan akhlak dalam perspektif bimbingan islam yang terkandung dalam novel wonderful life meliputi beberapa tahapan, seperti: meyakinkan individu bahwa ada fitrah yang diberikan Allah kepada manusia, meyakinkan individu bahwa manusia memiliki hak untuk berikhtiar dan berusaha dengan semaksimal mungkin, dan memotivasi individu untuk memahami dan mengaktualisasikan iman dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya yaitu dengan ikhlas menerima ketentuan Allah atas dirinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBhakti, Wirayudha PramanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pembinaan akhlak, disleksia, novel wonderful Life.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 27 Aug 2024 04:12
Last Modified: 27 Aug 2024 04:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10594

Actions (login required)

View Item View Item