Strategi Bimbingan Individu Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Tunarungu Di Slb Negeri Batang

Fauzan, Muhammad (2022) Strategi Bimbingan Individu Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Tunarungu Di Slb Negeri Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2041115081_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2041115081_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bimbingan individu yang digunakan di SLB Negeri Batang merupakan upaya untuk membantu anak Tunarungu dalam mengembangkan kemampuan membaca al-qur’an, agar bisa membaca al-qur’an dan tidak tergantung pada orang lain serta menjadi anak yang beriman dan bertaqwa. Dengan adanya bimbingan individu ini dapat membantu anak Tunarungu untuk mengurus diri sendiri, menjaga diri sendiri dan merawat diri sendiri. Meskipun tidak sama dengan anak normal pada umumnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa Tuna Rungu dalam mempelajari Al-Qur’an dimasa pandemi Covid-19 di SLB Negeri Batang? 2) Bagaimana pelaksanaan Bimbingan Individu untuk membantu siswa Tuna Rungu dalam mempelajari Al-Qur’an dimasa pandemi Covid-19 di SLB Negeri Batang ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan teknik mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti konsep yang di berikan Miles and Huberman. Penelitian ini mengungkapkan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Ukuran kejenuhan data ditandai dengan tidak diperolehnya lagi data atau informasi baru. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa siswa Tunarungu di SLB Negeri Batang memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an anak Tunarungu di SLB Negeri Batang sebelum mengikuti bimbingan individu belum berkembang, setelah mengikuti bimbingan individu kemampuan siswa menjadi berkembang yang dipengaruhi oleh tiga aspek. Aspek yang pertama dengan menggunakan metode drill metode ini digunakan dengan cara melatih anak terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan. Metode yang kedua yaitu metode iqra’ dimana anak dapat mengembangkan kemampuan membacanya dengan menggunakan iqra’ jilid 1 sampai 6 hal ini dapat membuat anak menjadi semakin mandiri dan tidak selalu bergantung pada orang lain. Aspek yang ketiga dengan pembelajaran metode resitasi dimana anak dapat melakukan kegiatan membaca secara terus menerus di rumah ketika diberi tugas oleh guru untuk membaca Al-Qur’an. Strategi bimbingan individu untuk mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi anak Tunarungu di SLB Negeri Batang terdiri dari tiga metode yaitu metode Drill, metode Iqra dan metode Resitasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMisbakhuddin, Misbakhuddin197904022006041003-
Uncontrolled Keywords: membaca, bimbingan individu, al-qur’an, Tunarungu
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:46
Last Modified: 29 Aug 2024 06:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10607

Actions (login required)

View Item View Item