Self Forgiveness dalam Drama You Are My Spring dan Relevansinya dengan Nilai – Nilai Bimbingan Islami

Hanifah, Hanifah (2023) Self Forgiveness dalam Drama You Are My Spring dan Relevansinya dengan Nilai – Nilai Bimbingan Islami. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3519012-Bab1&5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3519012-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam drama You Are My Spring ini tokoh utama bernama Joo Young-do merasa bersalah kemudian belajar memaafkan melalui self forgiveness dengan menjadi psikiater dan membantu banyak orang. Proses memaafkan ini relevan dengan Nilai – Nilai Bimbingan Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan self forgiveness dan relevansi self fogiveness dalam Drama You Are My Spring dengan Nilai – Nilai Bimbingan Islami. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (literatur view) dengan metode kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi berupa tangkapan layar (screenshot) proses forgiveness dan Nilai – Nilai Bimbingan Islami. Peneliti menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini Self forgiveness diterapkan oleh Joo Young-do melalui empat tahap. Pertama, tahap pengungkapan, Kedua, tahap pengambilan keputusan. Ketiga, tahap perbuatan dengan permintaan maaf kepada ibunya ketika membayangkan kejadian pada saat kakaknya meninggal. Keempat, tahap penekanan Relevansi Self Forgiveness dengan Nilai – Nilai Bimbingan Islami yaitu pertama, tahap pengungkapan tidak termasuk dalam Nilai – Nilai Bimbingan Islami. Kedua, tahap pengambilan keputusan relevan dengan Nilai Syariat tergambar dari perilaku Joo Young-do menghampiri ibunya dengan raut wajah penyesalan untuk meminta maaf kepada ibunya tetapi ibunya memalingkan wajah. Tidak bisa menolong seorang ibu yang anaknya meninggal. Membantu banyak orang diantaranya mendiagnosis pasien, merawat pasien, menolong Ahn Gayoung agar tidak bunuh diri, membantu Kang Da-jeong untuk mengikhlaskan temannya yang meninggal serta membantu Bu Oh Min-kyeong untuk mengikhlaskan suaminya yang meninggal dan berusaha agar hidup lebih baik. Ketiga tahap perbuatan relevan dengan Nilai Akhlak tergambar ketika Joo Young-do menghampiri ibunya dan mengelus punggung sambil menerima permintaan maaf ibunya. Adegan lain dengan menghibur temannya yang sedih, sabar menghadapi pasien,dan membantu Dr. Ian chase. Keempat tahap penekanan relevan dengan Nilai Muamalah yakni ketika Joo Young-do menelepon Bu Oh Min�kyeong dan menerapkan self forgiveness sebagai tahap penekanan dengan perkataan yang baik bahwa jangan merasa bersalah dan jalani setiap harinya dengan bahagia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMutohharoh, AnnisaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Self Forgiveness dan Nilai – Nilai Bimbingan Islami
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 29 Aug 2024 04:45
Last Modified: 29 Aug 2024 04:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10613

Actions (login required)

View Item View Item