Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin Usia Dini DI DP3AP2KB BATANG

Agustina, Khofifah (2023) Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin Usia Dini DI DP3AP2KB BATANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3519010-Bab1&5.pdf

Download (7MB)
[img] Text
3519010-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Fenomena perkawinan usia dini yang terjadi di Kabupaten Batang padahal di Kabupaten Batang terdapat DP3AP2KB yang memiliki fungsi untuk meminimalisir terjadinya perkawinan di usia dini, tapi pada kenyataannya DP3AP2KB tidak bisa mengatasinya, sehingga masih sering terjadi perkawinan di usia dini. Dari latar belakang tersebut muncul rumusan masalah dalam penelitian iniyaitu: (1) Bagaimana latar belakang terjadinya perkawinan usia dini di DP3AP2KB Batang? (2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin usia dini di DP3AP2KB Batang? (3) Bagaimana manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin usia dini di DP3AP2KB Batang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin usia dini di DP3AP2KB Batang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di DP3AP2KB Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjeknya meliputi calon pengantin usia dini. Teknik analisis data mengacu pada analisis kualitatif menurut Miles Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan perkawinan yang dilakukan DP3AP2KB dilakukan satu kali pertemuan dalam waktu kurang lebih 30 menit dengan memberikan materi kepada calon pengantin usia dini yang bertujuan untuk memberikan bekal , pemahaman dan penumbuhan kesadaran kepada calon pengantin usia dini tentang kehidupan berumah tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDarmaningrum, TriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan, Perkawinan Usia Dini
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:33
Last Modified: 29 Aug 2024 08:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10615

Actions (login required)

View Item View Item