Tasawuf Enterpreneurship (Studi Tentang Makna Tasawuf Bagi Pelaku Usaha Di Training Center Kampus Do'a Kota Pekalongan)

Arifudin, M (2022) Tasawuf Enterpreneurship (Studi Tentang Makna Tasawuf Bagi Pelaku Usaha Di Training Center Kampus Do'a Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2032115006_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2032115006_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2032115006_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Tasawuf Entrepreneur berperan dalam memperbaiki spiritualitas entrepreneur juga dapat berfungsi untuk menenamkan nilai-nilai spiritualitas. Terdapat beberapa praktik tasawuf yang dapat dilakukan oleh seorang entreprneur diantaranya melalui Takhalli, Tahalli, maupun Tajalli. Training Center Kampus Do’a Pekalongan merupakan pusat pelatihan untuk pebisnis atau wirausaha dalam mengembangkan bisnisnya berikut penanaman karakter kewirausahaan. Dari pokok uraian tersebut penulis mengambil rumusan masalah yaitu, bagaimana praktik tasawuf yang di lakukan oleh pelaku usaha di Training Center Kampus Do’a Pekalongan Buaran Kota Pekalongan dan implementasi nilai-nilai tasawuf bagi para pelaku usaha di Training Center Kampus Do’a Kota Pekalongan. Jenis kajian dalam penelitian ini menggunakan penelitian studi lapangan (field research) dengan metode pendekatan kualitatif deskriptif. sumber data yang digunakan ada dua, yaitu sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk mengetahui praktik tasawuf bagi para pelaku usaha di Kampus Do’a Pekalongan yang diteliti guna mengungkapkan nilai-nilai tasawuf yang diterapkan entrepreneur. Dari hasil penelitian ini penulis mencoba menfasirkan tentang bagaimana praktik tasawuf bagi para pelaku usaha di Training Center Kampus Do’a Kota Pekalongan dimulai dari bermuhasabah sebagai langkah awal dalam pendekatan diri melalui sholat taubat, dilanjutkan dengan perbaikan akhlak dengan tadarus bersama, sebagai pendekatan diri kepada sang pencipta. Selanjutnya aktualisasi nilai seorang entrepreneurship dengan memerankan seorang entrepreneur yang sukses dan berakhlakul karimah. Serta implementasi nilai-nilai tasawuf bagi pelaku usaha di Training Center Kampus Do’a Kota Pekalongan, melalui beberapa yang perlu dilakukan untuk mencapai nilai tasawuf diantaranya: dzikir, meditasi, puasa, dan khalwat (bersunyi sendiri).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
RubricatorUla, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ilmu Tasawuf, Makna Tasawuf, Enterpreneurship.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X5.2 Tasawuf
600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 610 Medical and Medicine Science(IlmuKedokteran dan Ilmu Pengobatan) > 615.8 Physical Therapies and Kinds of Therapics/Terapi Fisik dan Jenis-jenis Terapi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:46
Last Modified: 04 Sep 2024 04:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10616

Actions (login required)

View Item View Item