Efektivitas Penyuluhan Islam Anti Bullying Untuk Mengurangi Bulliying Verbal Pada Siswa-Siswi SMP Sains Cahaya Al-Qur'an Pekalongan

Aisyah, Dewi (2023) Efektivitas Penyuluhan Islam Anti Bullying Untuk Mengurangi Bulliying Verbal Pada Siswa-Siswi SMP Sains Cahaya Al-Qur'an Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3518069-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3518069-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bullying merupakan salah satu tindakan perilaku agresif yang disengaja dilakukan oleh seseorang atau kelompok secara berulang-ulang dan dari waktu ke waktu, terhadap seseorang yang lebih lemah serta tidak dapat mempertahankan dirinya dengan mudah. Pelaku tindak bullying biasanya melakukan tindak mengintimidasi atau mengejek (verbal) temanya samapai membuat temanya jengkel atau lebih parahnya pelaku akan menggunakan kekerasan fisik (non verbal) dalam mengintimidasi temanya. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode kuantitatif adalah penelitian yang menyajikan hasil penelitian berupa daya dan angka yang kemuadian dapat dijelaskan dalam bentuk kata. Ciri utama dari metode penelitian kuantitatif adalah menggunakan model matematis, dengan teori dan hipotesis yang berhubungan dengan fenomena masyarakat Desain penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah desain penelitian eksperimen dengan metode pre-eksperimen one group pre test post test design, metode ini berfokus pada pemberian perlakuan tanpa melakukan kontrol pada variabel yang berpengaruh, dan juga pada penelitian ini hanya terdapat satu kelompok eksperimen saja dan tanpa menggunakan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman tentang Bullying Verbal untuk siswa kelas VIII SMP Sains Cahaya Al-quran setelah diberikan perlakuan terdapat perbedaan skor. Selisih rata-rata pretest dan posttest adalah 11,4. Sedangkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t yang dilakukan dengan Sofware program komputer SPSS 25 diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) = 0,000. Karena nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 <0,05 maka Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa konseling behavioral dengan teknik latihan asertif efektif diberikan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHimawanti, IzzaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan Islam, Pemahaman Bullying Verbal, Anti Bullying
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:17
Last Modified: 06 Sep 2024 08:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10627

Actions (login required)

View Item View Item