Relevansi Konsep Berpikir Positif Menurut Maezun Shufa Salbaya Terhadap Konsep Bimbingan Islam

Solekhah, Maroatun (2023) Relevansi Konsep Berpikir Positif Menurut Maezun Shufa Salbaya Terhadap Konsep Bimbingan Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3518040-Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3518040-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara keinginan dan penerapan tingkah laku pada kebanyakan orang. Setiap orang menginginkan kehidupan yang tenang, bahagia, dan selamat. Salah satu cara untuk mendapatkan kehidupan yang seperti itu adalah dengan penerapan pola berpikir positif atau husnuzan. Tetapi pada kenyataannya banyak orang yang selalu berpikir positif baik terhadap Allah SWT maupun sesama manusia. Pemilihan konsep berpikir positif Maezun Shufa Salbaya dikarenakan beliau merupakan pemuda sederhana yang memiliki pengetahuan luas dan banyak memberikan motivasi dan edukasi melalui ceramah-ceramahnya dan konten PBL Official. Selain itu konsep yang disajikannya, dirasa memiliki relevansi terhadap konsep bimbingan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian library research atau penelitian kepustakaan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Sumber data primer diperoleh dari tokoh yang diteliti yaitu Maezun Shufa Salbaya, sedangkan data sekunder berupa data-data yang berkaitan dengan topik penelitian seperti jurnal, buku, ceramah, maupun karya lainnya. Setelah data diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan analisis hermeneutik romantis Schleiermacherdan kemudian dicari relevansi antara konsep berpikir positif dengan konsep bimbingan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep berpikir positif yang dibawakan oleh Maezun Shufa Salbaya adalah melihat sesuatu dari sisi positifnya dan pandangan ini biasanya bisa dilakukan bila seseorang memiliki cinta dalam hatinya. Cinta kepada Allah SWT akan membawanya sabar dan tawakal dalam mengahadapi cobaan, cinta kepada semua makhluk-Nya membuat seseorang saling menghargai dan tidak mudah terpancing dalam sebuah permasalahan. Konsep berpikir positif Maezun Shufa Salbaya ini sangat relevan dengan konsep bimbingan Islam. Walaupun kedua hal tersebut berbeda dalam bidangnya, karena konsep berpikir merupakan hasil pola pikir seseorang, sedangkan bimbingan Islam merupakan sebuah layanan. Namun dalam hal ini, konsep berpikir positif Maezun Shufa Salbaya dapat dijadikan rujukan dalam memberikan layanan bimbingan Islam yang mengajak manusia pada kesadaran akan tugasnya sebagai khalifahdengan jalan penjernihan batin yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskur, MaskurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konsep Berpikir Positif, Konsep Bimbingan Islam
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 07 Sep 2024 03:08
Last Modified: 07 Sep 2024 03:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10629

Actions (login required)

View Item View Item