Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan dalam Menumbuhkan Ukhuwah Islamiyah Fatayat NU desa Tlagasana Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang.

Janah, Irfa Ma’alinah (2022) Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan dalam Menumbuhkan Ukhuwah Islamiyah Fatayat NU desa Tlagasana Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517131-Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3517131-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bimbingan Keagamaan merupakan proses bantuan yang diberikan oleh pembimbing kepada seseorang untuk membantu mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi melalui proses keagamaan agar mereka tunduk dan patuh kepada Allah SWT. Bimbingan ini dapat menjadi wadah untuk menumbuhkan sikap ukhuwah Islamiyah antar sesama anggota fatayat di desa Tlagasana dengan cara memberikan arahan-arahan yang baik sesuai dengan petunjuk Allah Swt sehingga anggota fatayat memahami dan menumbuhkan sikap ukhuwah Islamiyah sesuai dengan nilai-nilai islam. Rumusan masalah pada penelitian ini yang pertama adalah bagaimana ukhuwah Islamiyah fatayat NU desa Tlagasana? Yang kedua bagaimana pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam menumbuhkan ukhuwah Islamiyah fatayat NU desa Tlagasana? Yang ketiga apa saja faktor pendorong dan faktor penghambat dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam menumbuhkan ukhuwah Islamiyah fatayat NU desa Tlagasana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan Metodologi penelitian kualitatif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan dalam Menumbuhkan Ukhuwah Islamiyah Fatayat NU desa Tlagasana Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang, pertama yaitu terkait kondisi ukhuwah Islamiyah difatayat yang memiliki kesulitan dalam menjalani masa ta’aruf, ta’aluf , tafahum dan ta’awun , kedua pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui beberapa tahapan dan ketiga faktor pendorong menjadi dukungan dari pelaksanaan bimbingan dan faktor penghambat yang menjadi hambatanan dari pelaksanaan bimbingan keagaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUla, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan, Ukhuwah Islamiyah
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:33
Last Modified: 10 Sep 2024 04:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10641

Actions (login required)

View Item View Item