Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role-Playing Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Korban Bullying Pada Siswa Kelas VII di MTS Ma'hadul Mutta'alimin Kecamatan Comal

Astiwi, Winanda (2022) Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role-Playing Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Korban Bullying Pada Siswa Kelas VII di MTS Ma'hadul Mutta'alimin Kecamatan Comal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517012-Bab1&5.pdf

Download (8MB)
[img] Text
3517012-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bullying dapat mempengaruhi kepercayaan diri pada korban. Hal ini membutuhkan upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri yang terkena ancaman.Kepercayaan diri dapat diperoleh dari faktor eksternal seperti lingkungan sekolah.Oleh karena itu salah satu layanan yang dapat diberikan kepada siswa adalah bimbingan kelompok dengan teknik role-playing. Dari latar belakang tersebut muncul rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah bimbingan kelompok dengan teknik role-playing efektif dalam meningkatkan”kepercayaan diri pada korban bullying siswa kelas VIII di MTs Ma’hadul Muta’allimin kecamatan comal? Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui efektivitas”bimbingan kelompok dengan teknik role-playing dalam meningkatkan kepercayaan diri korban bullying pada siswa kelas VIII di MTs”Ma'hadul Muta'allimin Kecamatan Comal. Penelitian ini menggunakan penelitian pre-eksperimental one group pre�test dan post-test design yang dilaksanakan di Mts Ma’hadul Muta’allimin Kecamatan Comal. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 76 orang. Sampel penelitian berjumlah 46 siswa, Sedangkan pengambilan sample menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket kepercayaan diri yang telah di uji validitas isi dan di dapat item valid sejumlah 32 dari 60 item awal. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa kepercayaan diri siswa sebelum diberikan perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik role-playing pada korban bullying berada pada kategori rendah dengan jumlah 68,83, dan setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 96,70. Bimbingan kelompok dengan teknik role-playing ini terdapat adanya keefektifan dalam meningkatkan kepercayaan diri pada korban bullying yang dibuktikan pada hasil uji t yaitu Sig (2-itailed) sebesar 0,000 <0,05. Maka hasil analisis ini meningkatkan kepercayaan diri terdapat perbedaan yang signifikan. Sedangkan hasil analisis uji t dua sampel berpasangan (paired sample t-test), dapat diperoleh hasil t hitung > t tabel (14,441 > 2,080), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat adanya efektivitas Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Korban Bullying Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Ma’hadul Muta’allimin Kecamatan Comal

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, : Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Role-Playing, Meningkatkan Kepercayaan Diri.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 18 Sep 2024 04:04
Last Modified: 18 Sep 2024 04:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10646

Actions (login required)

View Item View Item