Pelaksanaan Bimbingan Islam Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Untuk Mengembangkan Religiusitas Siswa MI Minhajuttulab Tundagan Kabupaten Pemalang

Arfani, Muhamad Rizal (2022) Pelaksanaan Bimbingan Islam Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Untuk Mengembangkan Religiusitas Siswa MI Minhajuttulab Tundagan Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517115-Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3517115-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Religiusitas sebagai bentuk komitmen psikis orang-orang yang percaya terhadap Tuhan dan agama, sehingga orang tersebut sepenuh hati menjalankan pandangan keagamaan dalam kehidupan beragama di hidupnya sehari-hari. oleh sebab itu, dalam komunitas masyarakat beragama disadari bahwa bimbingan agama sangat penting untuk menjaga religiusitas keimanan masyarakatnya, bahkan sedari kecil diperlukan karena anak-anak akan menjadi estafet penerus. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1) Bagaimana religiusitas siswa di MI Minhajuttulab Tundagan kabupaten Pemalang ? 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan Islam melalui pembiasaan shalat dhuha pada siswa MI Minhajuttulab Tundagan kabupaten Pemalang ?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui religiusitas siswa di MI Minhajuttulab Tundagan Kabupaten Pemalang, serta Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan Islam melalui pembiasaan shalat dhuha pada siswa di MI Minhajuttulab Tundagan kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengambarkan data yang diperoleh secara nyata. Pengolahan dan analisis data dilakukan melalui beberapa langkah antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,wawancara dan dokumentasi guna mendapatkan informasi yang relevan tentang apa yang sebenarnya terjadi. Hasilnya, terdapat korelasi yang positif antara peningkatan religiusitas melalui Shalat Dhuha. Metode yang diajarkan adalah metode nasihat, metode keteladanan, pembiasaan, metode pengamalan, metode hukuman dan hadiah. Metode tersebut mampu menumbuhkan sikap religius anak-anak. Dan melalui sholat dhuha-lah sikap religius tersebut mengalami peningkatan religiusitas yang nyata. Peneliti menemukan beberapa aspek seperti aspek keyakinan, aspek pengetahuan, aspek pribadatan, aspek pengalaman, aspek pengamalan yang secara umum meningkat. Sehingga pelaksanaan sholat dhuha sebagai sarana dalam membimbing anak-anak untuk meningkatkan religiusitas bisa dikatakan efektif dan berhasil

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHimawanti, IzzaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan islam, Shalat Dhuha, Religiusitas
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 18 Sep 2024 07:16
Last Modified: 18 Sep 2024 07:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10649

Actions (login required)

View Item View Item