Strategi pemasaran program Umroh Dan Haji dalam upaya meningkatkan jumlah jamaah (Studi Kasus PT Najah cabang kota Pekalongan)

Kurniawati, Hikmah (2019) Strategi pemasaran program Umroh Dan Haji dalam upaya meningkatkan jumlah jamaah (Studi Kasus PT Najah cabang kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.

[img] Text
2013114329 HIKMAH KURNIAWATI BAB I, V DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2013114329 HIKMAH KURNIAWATI BAB I - V FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skripsi ini berjudul "Strategi pemasaran program umroh dan haji dalam upaya meningkatkan jumlah jamaah (studi kasus PT Najah cabang kota Pekalongan, yang dijabarkan dalam beberapa rumusan masalah yaitu Skripsi ini berjudul "Strategi pemasaran program umroh dan haji dalam upaya meningkatkan jumlah jamaah (studi kasus PT Najah cabang kota Pekalongan), yang dijabarkan dalam beberapa rumusan masalah yaitu Bagaimana strategi pemasaran PT Najah cabang Pekalongan dalam meningkatkanjumlahjama'ah, Apa saja faktor pendukung dan penghambat PT Najah cabang Pekalongan dalam meningkatkanjumlahjama'ah. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan metode kualitatif yang dilakukan secara deskriptif analisis. Lokasi peneltian dilakukan di Kota Pekalongan tepatnya berada di Jalan KH Wahid Hasyim Kauman nomor 37, Thu kota Provinsi Jawa Tengah. Pendekatan penelitian yang digunakan meliputi temuan-temuan yang tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Dengan sumber data yang terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara maupun observasi langsung dengan kepala kantor, karyawan dan jamaah serta sumber data sekunder yang diperoleh dari berbagai literatur yang relavan dengan pembahasan penelitian. Metode pengumpulan data yaitu meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk selanjutnya data yang terkumpul dianalisis melalui penyajian data dan barn kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Najah cabang kota Pekalongan dapat meningkatkan jumlah jamaah dimana dari hasil perkembangan jamaah yang semakin bertambah dari tahun 2016 sampai 2018. Dimana pada tahun 2016 jumlah jamaah umroh dari 47 meningkat ditahun 2018 yaitu 124 jamaah. Namun untuk jamaah haji plus sendiri masih belum ada kenaikan dan mengalami penurunan dari tahun 2016 12 menjadi 11 ditahun 2018. PT Najah dapat meningkatkan jumlah jamaaah dengan menerapakan marketing mix 4P : product,promotion,price dan placement. Serta menerapkan prinsip-prinsip pemasaran syariah. Penulis mendapat beberapa temuan diantaranya yaitu strategi produk yang ditawarkan bervariatif dan kualitas pelayanannya sangat bermutu sesuai dengan keinginan para calon jamaah. Harga yang sangat kompetitif serta promosi yang sangat efektif dengan menggunakan pendekatan emosional dengan calon jamaah. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Program Umrah dan Haji, Konsep Pemasaran Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorCaniago, Siti AminahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Program Umrah dan Haji, Konsep Pemasaran Syariah.
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.9598 In Indonesia/Perkembangan Ekonomi di Indonesia, Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 28 Sep 2024 05:49
Last Modified: 28 Sep 2024 05:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

View Item View Item