Peran kyai dalam mengembangkan public speaking pada santri di Pondok Pesantren Chusna Al Falah Kedungwuni

Safitri, Irma (2024) Peran kyai dalam mengembangkan public speaking pada santri di Pondok Pesantren Chusna Al Falah Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3520003_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (973kB)
[img] Text
3520003_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Output pondok pesantren pada santri salah satunya yaitu menjadi seorang pendakwah atau da’i, hal ini tentunya diperlukan kemampuan berbicara di depan umum dengan baik. Namun kemampuan tersebut tentu tidak dimiliki oleh sebagian individu, maka diperlukan pelatihan secara berkala. Pada pondok pesantren terdapat kyai yang memberikan pelatihan dan bimbingan terhadap santri, terutama pada kyai di Pondok Pesantren Chusna Al Falah Kedungwuni ialah mengembangkan potensi khususnya Public Speaking pada santri. Pada penelitian ini, peneliti merumuskan dua rumusan masalah diantaranya bagaimana kondisi Public Speaking pada santri di Pondok Pesantren Chusna Al Falah Kedungwuni dan bagaimana peran kyai pada santri di Pondok Pesantren Chusna Al Falah Kedungwuni. Dalam penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan (field research). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya teknis analisis data terdiri dari tiga tahapan, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa kondisi Public Speaking santri di Pondok Pesantren Chusna Al Falah Kedungwuni sudah mampu dikatakan cakap dalam berbicara di depan umum. Hal ini dibuktikan setelah diberikan bimbingan kyai dalam mengembangkan kemampuan Public Speaking kepada mereka, memiliki beberapa perubahan dalam kemajuan berbicara di depan umum yaitu percaya diri mampu menampilkan suatu hal yang sebelumnya tidak pernah mereka lakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Kyai, Public Speaking, Santri
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 05 Oct 2024 04:53
Last Modified: 05 Oct 2024 04:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10667

Actions (login required)

View Item View Item