Implementasi pendidikan akhlak dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas viii Di MTs Nu 01 Warureja Kab. Tegal

Setyo Aji, Oktona (2017) Implementasi pendidikan akhlak dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas viii Di MTs Nu 01 Warureja Kab. Tegal. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Hakikat pendidikan adalah menyiapkan dan mendampingi seseorang agar memperoleh kemajuan dalam menjalani kesempurnaan. Islam telah menghubungkan secara erat antara aqidah dan akhlak. Aqidah merupakan barometer bagi perbuatan, ucapan, dengan berbagai bentuk interaksi sesama manusia Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, pertama, Bagaimana implementasi pendidikan akhlak dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs NU 01 Warureja ? kedua, mengapa implementasi pendidikan akhlak dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs NU 01 Warureja belum berjalan secara maksimal ? ketiga, Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat proses implementasi pendidikan akhlak dalam pembelajaran aqidah akhlak di MTs NU 01 Warureja ? Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menganalisis kritis tujuan, materi, metode, proses dan evaluasi pendidikan akhlak serta faktor yang mendukung dan menghambat proses implementasi pendidikan akhlak di MTs N NU 01 Warureja. Sedangkan kegunaan penelitian ini secara teoritis yaitu sebagai referensi bacaan ilmiah dan kegunaan praktisnya bagi para pemerhati pendidikan menjadi bahan evaluasi serta menjadi tolak ukur dalam meningkatkan pendidikan akhlak pelajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan akhlak dalam pembelajaran aqidah akhlak bertujuan membentuk pribadi peserta didik yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah dengan metode pembiasaan, keteladanan, mauidhah hasanah dan cerita, melalui mata pelajaran aqidah akhlak. adapun dalam proses pembelajarannya guru tidak hanya mengajar dan mendidik namun juga sebagai inspirator dan fasilitator baik dalam penggunaan media belajar seperti LCD dan Proyektor serta papan tulis dan spidol. Sedangkan evaluasi yang dipakai yaitu dengan teknik tes dan non-tes terhadap peserta didik dalam lingkungan madrasah dan rumah. Faktor pendukungnya: dukungan dari kepala madrasah, semua guru dan staf karyawan; metode yang menyenangkan sehingga peserta didik merasa suka, senang dan cinta. Faktor penghambatnya: lemahnya semangat guru, alokasi waktu pembelajaran, peran serta masyarakat, lingkungan bermain peserta didik dan kesepahaman arah dan tujuan dalam setiap agenda kegiatan. The essence of education is preparing and guiding people to get the improvement into the perfection. Islam relates both faith and character. Faith is the measurement of attitude and speech in human interaction. Research questions in this study are How is the character education in Aqidah Akhlak Learning in MTs NU 01 Warureja?; Why the implementation of character education in learning Aqidah Akhlak class VIII in MTs NU 01 Warureja not run optimally?; and What are the supporting and resisting factors in the implementation of character education in Aqidah Akhlak Learning in MTs NU 01 Warureja? This study aims to describe and analyze the purpose, material, method, process, and evaluation of character education critically. In addition, it also aims to find the supporting and resisting factors in the implementation of character education in MTs NU 01 Warureja. Theoretically, this study can be a reference in educational science, and practically it can be an evaluation or measurement in improving students’ character. The result reveals that the aim of implementation of character education in Aqidah Akhlak learning is creating faithful and good-moral students using habituating method of modeling, advising, and story through Aqidah Akhlak learning. In this learning process, teacher is not only teaches students in the class, but also inspire and facilitate them. The example of faciliting the students can be using LCD, projector, whiteboard, and marker. In order to evaluate the students, there are test- and non-test evaluations which are conducted at school and home. There are two supporting factors of the implementation of character education in Aqidah Akhlak learning, which are the support from the headmaster, teachers, and staffs. Besides that, the interesting method enables the students feel enjoyable and happy. On the other hand, the resisting factors are the weak spirit of the teachers, lack of learning time, role of the society and environment, and the different vision in every event.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKanafi, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Akhlak.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:12
Last Modified: 10 Nov 2020 03:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1072

Actions (login required)

View Item View Item