Implementasi pendidikan karakter pada praktik kerja industri di SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal

Faqih Hamidi, Muhamad (2017) Implementasi pendidikan karakter pada praktik kerja industri di SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dewasa ini, ada indikasi kuat mengenai hilangnya nilai-nilai luhur yang melekat pada bangsa Indonesia, seperti kejujuran, kesantunan, kegotongroyongan dan kebersamaan, sangat cukup menjadi keprihatinan bersama. Banyak kalangan merasa khawatir tentang kemerosotan moral dan karakter bangsa ini, bahkan yang lebih ekstrim lagi saling menyalahkan antara satu instansi kepada instansi lain atau antara satu go;ongan kepada golongan yang lain. Pelanggaran moral yang dilakukan oleh para siswa diantaranya hubungan sex di luar nikah, penyalahgunaan narkotika, minum-minuman keras, membolos sekolah. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan ketika para siswa melaksanakan praktik kerja industri di Du/Di karena dengan pendidikan karakter yang terapkan di sekolah maka siswa memiliki karakter seperti disiplin,tanggung jawab, dedikasi yang tinggi, etos kerja yang baik, berinovasi, berkreasi, kerjasama, dan sopan santun dalam melaksanakan Praktik Kerja Industri.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perencanaan pendidikan karakter pada Praktik Kerja Industri, bagaimanakah pelaksanaan pendidikan karakter pada Praktik Kerja Industri, bagaimanakah evaluasi pendidikan karakter pada praktik kerja industri dan kontribusi apa saja yang didapat SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal dalam bidang karakter. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara (Interview), observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Sumber penelitiannya yaitu kepala sekolah, waka, guru, pembimbing yang ada di Du/Di dan siswa yang melaksanakan Praktek Kerja Industri. Tujuan penelitian ini adalah, Menggali informasi tentang perencanaan pendidikan karakter pada Praktik Kerja Industri di SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal, Menggali informasi mengenai implementasi pendidikan karakter pada Praktik Kerja Industri di SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal, Memberikan kontribusi tentang hasil penelitian tentang implementasi pendidikan karakter pada Praktik Kerja Industri di SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal dibagi menjadi pendidikan karakter yang diajarkan didalam mata pelajaran dan pendidikan karakter diluar mata pelajaran.Pendidikan karakter yang didalam mata pelajaran ada pada setiap mata pelajaran seperti Pendidikan Agama Islam, PPKN, Bahasa Indonesia, kewirausahaan, kimia dan pelajaran lainnya,sedangkan pendidikan karakter diluar mata pelajaran seperti keteladanan guru baik dalam berpakaian,berberbicara,bersikap dan bertingkah laku termasuk pendidikan karakter berupa pembiasaan 5 S yaitu salam,senyum,sapa, sopan dan santun,infak harian, shalat dhuha, shalat dzuhur, kegiatan jumat bersih termasuk kegiatan ekstra kurikuler yang sangat besar pengaruhnya dalam pendidikan karakter siswa.Evaluasi pendidikan karakter pada praktik kerja industri di SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal ada tiga yaitu berupa test teori atau tertulis, test praktek atau test unjuk kerja, dan test wawancara. There is a strong indication abaut losing high values of the character of the Indonesian people lately. The things that shauld we councerned are honesty, politeness, mutual cooperation and togetherness. People worry abaut the morality and character decadence of tis nation. Even more, the wost thing is one institute is blaming another institute or one group is blaming another group. Morality violation which have done by student sometimes are free-sex, drugs and liquar consumption, and school-absence. Character education is needed when the students doing industrial work practices same as the character which is implementing at school to become dicipline, responsible , high dedication, good work ethic, innovative,creative, cooperative and polite during the actiity of industrial work practices.The formulations of the problem in this study are how the character education planing on industrial work practices. How the implementation of character education on industrial work practices, how the evaluation of character education on industrial on industrial work practices and what contributions are obtained by vocational high school of Muhammadiyah Kramat Tegal in the field of character. The study is using qualitative research approach. The type of this study is field research. The method, of data collection is by interview, observation, and dokumentation. The data validation test is using triangulation technique. The research sources are headmaster, the vives of headmaster, teachers, and industrial work practices guidances. Thepurpose of this study are obtaining information abaut character education planning on industrial work practices, obtaining information abaut the implementation of character education on industrial work pratices and biing contribution abaut the result of the the research abaut the implementation of character eduction on industrial work practices of vocational high school of Muhammadiyah Kramat-Tegal. The results showed that character education in Vocational High School Muhammadiyah Kramat Tegal divided into character education taught in subjects and character education outside subjects. The character education in the subjects is on every subjects such as PAI,, PPKN, Bahasa Indonesia, kewirausahan , Kimia and other subjects, while character education outside subjects such as exemplary teachers both in dress, give salam, attitude and behavior including character education in the form of 5 S habits namely salam, smile, greeting, polite and courteous, daily infak, prayer dhuha, Dzuhur, clean of Friday activities including extra-curricular activities that are very influential in the character education of students. The evaluation of character education on industrial work practices in Vocational High School of Muhammadiyah Kramat Tegal there are three in the form of test theory or written, practice test or performance test, and interview test .

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKanafi, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter.Praktik Kerja Industri
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:12
Last Modified: 10 Nov 2020 03:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1073

Actions (login required)

View Item View Item