Hubungan Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Perilaku Siswa Kelas V MI Salafiyah Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan

Yuliana, Asih (2017) Hubungan Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Perilaku Siswa Kelas V MI Salafiyah Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalogan.ac.id/

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Mata pelajaran Aqidah akhlak adalah pelajaran yang bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar kepada sisiwa mengenai ketauhidan atau kepercayaan terhadap Tuhan yang diwujudkan dalam perilaku dan perbuatan (akhlak) sehari-hari. Pembelajaran aqidah akhlak yang baik diharapkan dapat membawa kaitan yang yang signifikan terhadap perilaku siswa. Oleh karena itu untuk mengetahui benarkah terdapat hubungan antara pembelajaran aqidah akhlak dengan perilaku siswa maka dibuat penelitian tentang “Hubungan Pembelajaran aqidah akhlak dengan perilaku siswa kelas V MI Salafiyah sidorejo kecamatan tirto kabupaten pekalongan. Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut, maka penulis mengungkapkan Rumusan masalah atau pokok permasalahan yang perlu di kaji dalam penelitian skripsi ini yaitu: bagaimana pembelajaran aqidah akhlak di kelas V MI Salafiyah Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan, bagaimana perilaku siswa kelas V MI Salafiyah Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan, bagaimana hubungan pembelajaran aqidah akhlak dengan perilaku siswa kelas V MI Salafiyah Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Dengan populasi siswa kelas V yang berjumlah 38 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus product moment, hasil perhitungan kemudian diuji hipotesisnya. Hasil penelitian disimpulkan bahwa rata-rata pembelajaran aqidah akhlak kelas V MI Salafiyah Sidorejo kecamatan Tirto kabupaten Pekalongan adalah 46,28 masuk dalam kategori cukup. Adapun rata-rata perilaku sisw kelas V MI Salafiyah Sidorejo kecamatan Tirto kabupaten Pekalongan.adalah 48,8 masuk dalam kategori baik. Setelah dilakukan penelitian diperoleh nilai rxy = 0,760. Kemudian dalam analisis data r product moment, pada taraf signifikan 5 % adalah 0,329 berarti rxy ≥ rt maka HO ditolak, Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan terdapat korelasi positif yang signifikan antara pembelajaran dengan perilaku siswa. Sedangkan pada taraf signifikan 1 % adalah 0,424 , berarti rxy ≥ rt maka HO ditolak, Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan terdapat korelasi positif yang signifikan antara pembelajaran dengan perilaku siswa. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
TeacherSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Pembelajaran Akidah Akhlak, Perilaku Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:13
Last Modified: 10 Nov 2020 03:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item