Hubungan Intelligence Quotient (IQ) dengan Minat Melanjutkan ke Jenjang SMP Siswa Kelas V MI Sudirman Pekalongan.

Afifah, Asfiyatul (2017) Hubungan Intelligence Quotient (IQ) dengan Minat Melanjutkan ke Jenjang SMP Siswa Kelas V MI Sudirman Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalogan.ac.id/

Abstract

Latar belakang masalah, Ada beberapa ahli berpendapat bahwa kehadiran inteligensi dalam pendidikan dan pengajaran merupakan salah satu faktor yang penting yang ikut menentukan berhasil atau gagalnya belajar seseorang. Dari segi emansipasi kemandirian, keinginan yang terpuaskan dapat memperbesar kemauan dan semangat belajar. Dari segi pembelajaran, penguatan akan mengubah keinginan menjadi kemauan, dan kemudian kemauan menjadi cita-cita. Keinginan belangsung sesaat atau dalam jangka waktu singkat, sedangkan kemauan dapat berlangsung dalam waktu yang lama. Kemauan telah disertai dengan perhitungan akal sehat. Cita-cita dapat berlangsung dalam waktu yang sangat lama, bahkan sepanjang hayat. Cita-cita akan memperkuat motivasi belajar intrinsik maupun ekstrinsik. Sebab tercapainya suatu cita-cita akan mewujudkan aktualisasi diri. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tingkat Intelligence Quotient (IQ) siswa kelas V MI Sudirman Pekalongan?, Bagaimana minat melanjutkan ke jenjang SMP siswa kelas V MI Sudirman Pekalongan?, Adakah hubungan antara tingkat Intelligence Quotient (IQ) dengan minat melanjutkan ke jenjang SMP siswa kelas V MI Sudirman Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui tingkat Intelligence Quotient (IQ) siswa kelas V MI Sudirman Pekalongan. Untuk mengetahui minat melanjutkan ke jenjang SMP siswa kelas V MI Sudirman Pekalongan. Untuk mengetahui hubungan antara tingkat Intelligence Quotient (IQ) dengan minat melanjutkan ke jenjang SMP siswa kelas V MI Sudirman Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional sedangkan jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik korelasi product moment. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa skor korelasi product moment diperoleh rxy = 0.44. Pada taraf signifikan 5% nilai rxy lebih besar dari pada nilai r dalam tabel (Pada Ts 5% nilai rh=0,44 > rt= 0,266 . Sedangkan pada taraf 1% nilai rxy juga lebih besar dari pada nilai r dalam tabel (Pada Ts 1% nilai rh= 0,44 > rt= 0,345). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat Intelligence Quotient (IQ) dengan minat melanjutkan ke jenjang SMP siswa Kelas V MI Sudirman Kota Pekalongan dengan korelasi yang cukup/sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Intelligence Quotient (IQ), Minat.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:13
Last Modified: 10 Nov 2020 03:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item View Item